Laura Lazarus/lauralazarus.net
Relationship

7 Cara Menghadapi Trauma Kecelakaan Pesawat dari Laura Lazarus

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 1 November 2018 - 12:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kecelakaan pesawat Lion Air JT610 di perairan Karawang telah meninggalkan duka dan trauma di sejumlah kalangan orang, terutama keluarga korban.

Menurut KKBI; Trauma adalah keadaan jiwa atau tingkah laku yang tidak normal, sebagai akibat dari tekanan jiwa atau cedera jasmani. Dan bagaimana cara untuk melepaskan Trauma itu sendiri?

Trauma juga dialami oleh Laura Lazarus adalah mantan pramugari Lion Air yang pernah mengalami kecelakaan dua kali dengan pesawat yang sama.

Laura mengalami insiden pertama di Palembang saat pesawat yang ditumpanginya keluar landasan, pada Juli 2004. Sedangkan kecelakaan kedua terjadi saat sedang mendarat di Bandara Adi Sumarmo, di Solo, November 2004.

Kedua kecelakaan tersebut, membuat Laura Lazarus harus berkali-kali menjalani operasi. Bahkan dia sempat divonis harus diamputasi meski akhirnya dibatalkan.

Karena kejadian itu, dia mengaku masih mengalami kekhawatiran setiap kali naik pesawat.

Melalui website-nya, Lauralazarus.net, Laura mengatakan pernah juga melalui masa trauma, yaitu pada saat harus naik pesawat lagi 1 tahun setelah kecelakaan terjadi.

Dia menceritakan beberapa malam aku tidak bisa tidur, karena terus memikirkan harus naik pesawat untuk pulang ke Indonesia. Hatiku berdegup kencang karena takut.  Berikut tipsnya seperti dikutip dari web perempuan yang sekarang menjadi motivator itu:

 1. Berdoa
Dengan berdoa akan membuat diri Anda lebih tenang dan ini adalah cara yang paling ampuh untuk menghilangkan trauma. Berdoa juga akan membuat jiwamu tenang, minta bantuan Tuhan untuk melepaskan trauma itu. Percaya bahwa Tuhan mampu mengubah segalanya menjadi lebih baik dan pemulihan Tuhan sempurna atasmu.

2. Cari kegiatan positif
Menyibukkan diri dengan melakukan kegiatan positif akan membantu menghilangkan trauma Anda. Dengan kegiatan positif, Anda akan menyibukkan diri seperti; pelayanan, ikut kelas ketrampilan, membaca, ikut kegiatan sosial, dll. Dengan melakukan kegiatan positif, Anda tidak menghabiskan energi dan fokus pada pengalaman traumatis.

3. Menyadari bahwa semua sudah berlalu
Mungkin Anda pernah merasa ditertawakan, dipermalukan oleh orang lain atau Anda pernah berada pada saat-saat berbahaya. Dan dengan memikirkan kembali hal tersebut, membuat Anda merasa tidak nyaman dengan masa lalu.  Orang yang tidak bisa melepas trauma adalah seseorang yang terus dibayangi oleh masa lalunya. Ingat, bahwa semuanya sudah berlalu dan Anda hidup di masa sekarang, bukan di masa lalu.

4. Hadapi Trauma itu
Lari dari trauma tidak akan menyelesaikan masalah, malah akan menambah banyak masalah. Dan jika dilakukan terus menerus, malah akan membuat diri Anda semakin terpuruk. Solusinya adalah hadapi trauma itu, mungkin awalnya akan merasa canggung dan aneh. Tapi lama-lama Anda akan terbiasa dengan hal tersebut, sehingga trauma itu akan hilang dengan sendirinya.

5. Mengambil nafas sebelum bertindak
Trauma masa lalu terkadang membuat diri Anda gampang terbawa emosi. Emosi negatif dapat sewaktu-waktu menguasi diri Anda ketika trauma masa lalu terus membayangi. Dan saat sedang dalam emosi, tindakan yang diambil pun dapat merugikan. Oleh karena itu sebelum mengambil tindakan Anda dapat mengawali dengan menarik nafas terlebih dahulu. Mengambil nafas sebelum bertindak adalah cara sederhana yang mampu menjadi obat emosi dan penghilang masa lalu yang traumatis.

6. Menulis diary atau jurnal
Beberapa orang yang tidak bisa melepaskan trauma masa lalunya dikarenakan selalu menyimpannya rapat-rapat. Jika Anda tidak mudah untuk menceritakan kepada orang lain, selalu ada cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan menulis diary atau jurnal. Dengan menulis diary atau jurnal, Anda bisa menuliskan ketakutan, kekuatiran dan kecemasan yang selalu muncul akibat peristiwa traumatis. Menulis seperti therapy untuk Anda dan hal ini akan membantu Anda melepaskan trauma itu.

7. Fokus pada memori yang menyenangkan
Fokuslah pada hal-hal yang menyenangkan, bukan pada memori yang buruk di masa lalu. Ketika memori traumamasa lalu terus menerus muncul dan menyerang pikiran Anda, latihlah pikiran Anda untuk beralih dari semua pikiran buruk. Dengan fokus pada memori yang menyenangkan akan membuat mengubah suasana hati dan mood kita menjadi lebih baik.

Dia juga menekankan cara yang paling efektif dalam menghadapi trauma adalah hadapi trauma itu.
Memang setiap trauma seorang berbeda-beda ada yang ringan dan juga ada yang berat, tapi semua kembali lagi kepada Anda. Apakah Anda ingin maju dan memiliki kehidupan yang lebih baik di masa depan atau terpuruk dengan trauma masa lalu yang terus menghantui Anda. Semuanya kembali lagi berujung kepada keputusan Anda.

Laura Lazarus adalah mantan Pramugari yang survive saat mengalami kecelakaan pesawat. Seorang Life Inspirator di Indonesia, Public Speaker, Writing Consultant dan penulis buku Best Seller “Unbroken Wings”, Blogger

Buku yang menceritakan tentang perjalanan hidupnya menggapai impian menjadi seorang pramugari dan mengalami musibah kecelakaan pesawat yang nyaris merenggut nyawanya serta pengalaman dekat dengan kematian – Near Death Experience.

Selain sebagai seorang Inspirator dan Direktur penerbit buku Growing Publishing, ia juga menekuni karier di bidang tarik suara dan pernah bekerja sama oleh salah satu label terkemuka di Indonesia dan ia telah banyak diliput oleh berbagai media.

Dengan latar belakang Certified Train For Trainer,  semakin memantapkan langkahnya untuk menjadi seorang pembicara profesional. Sampai saat ini, beliau telah berbicara di hadapan ratusan ribu orang dari berbagai perusahaan dan organisasi dalam bentuk seminar in house di seluruh Indonesia serta Asia.

Dengan pribadinya yang energik dan inspiratif, ia berhasil menginspirasi dan memotivasi orang-orang untuk mengalami terobosan dan perubahan hidup. Selain sebagai bendahara dari ASPIRASI (Asosiasi Penulis dan Inspirator Seluruh Indonesia), di sela-sela kesibukannya ia juga menjadi seorang Proffesional Editor dan selalu bersedia berbagi ide untuk membantu banyak orang menulis buku serta melahirkan banyak penulis untuk Indonesia. “Menciptakan 1 juta penulis untuk Indonesia” menjadi visi yang membuatnya terus bersemangat membuat buku yang berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro