Ilustrasi/Livejournal
Health

Tumor Jadi Penyakit Baru Yang Banyak Menjangkit Kucing & Anjing

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Senin, 5 November 2018 - 17:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda pecinta hewan dan memiliki peliharaan anjing atau kucing? Maka Anda perlu mengenal salah satu penyakit yang paling banyak menjangkit hewan peliharaan dalam 10 tahun terakhir.

Drh. C. Koesharjono, dokter hewan di bilangan Jakarta Selatan ini mengatakan saat ini ada tren penyakit baru yang menjangkit hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing, yaitu tumor.

Pada Hari Peringatan Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2018, Koesharjono menyebut kenaikan penderita tumor pada anjing dan kucing diperkirakan mencapai 80%.

"Ini masih dalam penelitian, tetapi dari pengalaman saya yang awalnya sangat jarang membedah tumor, sekarang hampir setiap hari saya menerima pasien anjing atau kucing yang menderita tumor," ungkap Koesharjono kepada Bisnis, Senin (5/11/2018).

Dari hasil pengamatan Koesharjono, hampir 90% penderita tumor pada anjing atau kucing mengonsumsi makanan berbahan pengawet. Menurut Koesharjono, para pecinta hewan dan memiliki hewan peliharaan sebaiknya memperhatikan konsumsi anjing atau kucing.

Dia pun menduga tumor pada anjing atau kucing disebabkan oleh dog food atau cat food pabrikan yang berbahan pengawet tinggi. Maka, Koesharjono mengimbau para pemilik hewan mau memberi makanan raw food.

"Memang dog food dan cat food ini bisa lebih mudah, praktis, kandungan vitamin juga tinggi, komposisi gizi sangat baik. Tetapi bahan pengawet yang terkandung di dalamnya tidak bisa diabaikan," kata Koesharjono.

Dilansir dari blog Veterinary Clinic Drh. Koesharjono ada beberapa tumor yang pernah dia tangani. Misalnya, tumor abdomen pada anjing, tumor pada anus anjing, tumor di leher hewan, tumor di limpa hewan, tumor di vagina hewan, dan tumor di payudara anjing betina.

Melalui http://veterinaryclinic-drhkoes.blogspot.com Koes menjelaskan proses penyembuhan tumor melalui tindakan operasi, biayanya secara umum bisa mencapai Rp3 juta sampai Rp5 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro