Berkeringat pada malam hari/Istimewa
Health

5 Penyebab Anda Berkeringat pada Malam Hari

JIBI
Kamis, 8 November 2018 - 08:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda berkeringat saat malam hari? Padahal, biasanya udara malam cukup dingin dan sejuk. Bisa jadi keringat yang keluar pada malam hari bukan karena udara yang panas, melainkan beberapa hal yang kerap terjadi pada tubuh.

Rupert Mason, penasihat medis untuk Derma Therapy Inggris, menjelaskan tentang beberapa hal penyebab Anda berkeringat pada malam hari.

1. Penyakit dan Obat
Berkeringat pada malam hari mungkin berhubungan dengan penyakit atau obat yang sedang Anda konsumsi. Jenis penyakit yang paling sering dikaitkan yakni infeksi virus seperti infeksi saluran pernapasan atau influenza. Infeksi menyebabkan suhu tubuh meningkat yang memicu keringat. Kadang-kadang keringat malam dapat menjadi tanda penyakit yang lebih serius seperti diabetes.

Jika Anda khawatir tentang keadaan keringat yang berlebihan itu, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar segera diketahui penyebabnya. Termasuk jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping keringat malam seperti obat antidepresan, segera tanyakan pada dokter Anda tentang hal itu.

2. Stres
Stres mungkin salah satu penyebab keringat malam yang paling umum. Anda dapat membantu mengelola stres dan kecemasan dengan kebiasaan sehat seperti teknik relaksasi dan pernapasan. Yoga, berlari, membaca atau meditasi juga dapat membantu untuk menghilangkan stres.

3. Latihan
Ketika Anda berolahraga, tubuh Anda menciptakan panas dalam tubuh dan secara bertahap akan hilang. Namun, jika Anda meningkatkan latihan lebih kuat, maka tubuh tidak dapat melepaskan panas tersebut saat Anda masih aktif.

Panas tersebut akan hilang saat Anda berhenti berolahraga atau saat Anda tidur. Ini merupakan masalah khusus bagi atlet profesional. Jadi, tetaplah latihan, namun jangan terlalu memforsir tubuh.

4. Kasur Tidak Nyaman
Beberapa kasur diciptakan memberikan kenyamanan namun sirkulasi udara di dalamnya tidak berjalan dengan baik. Hal itu membuat kasur terasa panas dan lembap. Selain itu, penggunaan alas tidur plastik juga dapat menyebabkan orang merasa panas di malam hari.

Ada beberapa solusi sederhana untuk membantu Anda merasa lebih sejuk, misalnya, menggunakan selimut yang lebih ringan atau piyama dengan bahan yang bagus untuk kulit sensitif. Pilih juga sprei dengan bahan yang bagus, lembut dan tidak panas.

5. Alkohol
Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan keringat berlebih pada malam hari. Alkohol mempengaruhi sistem saraf pusat, sistem peredaran darah, dan hampir setiap bagian dari tubuh Anda. Alkohol dapat meningkatkan detak jantung Anda dan memperlebar pembuluh darah di kulit. Hal itu dapat memicu keringat berlebih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro