Cokelat hitam/popsugar.com
Health

10 Alasan Mengonsumsi Cokelat untuk Kesehatan

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Kamis, 8 November 2018 - 12:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Cokelat adalah makanan  yang meneimbulkan rasa senang jika dikonsumsi, karena bisa memberi perasaan bahagia. Lantas apakah makanan ini cukup sehat?

Sejumlah riset masih berlanjut dan para pakar telah menemukan bahwa cokelat bermanfaat bagi kesehatan jantung, sirkulasi, dan otak.

Cokelat hitam juga memiliki kandungan kakao yang tinggi sekitar 70% dan sangat baik bagi kesehatan. Banyak riset menyatakan cokelat memiliki manfaat utuk  kesehatan. Nah, pada riset terakhir, memakan cokelat bisa menjaga otak Anda kuat sampai usia tua.

Berikut 10 manfaat mengonsumsi cokelat untuk kesehatan yang dikutip dari situs telegraph.co.uk:

1. Bermanfaat untuk jantung dan sirkulasi

Riset terakhir menyatakan cokelat hitam atau dark chocolate membantu peredaran darah di pembuluh arteri. Cokelat  juga mncegah sel darah putih agar tak menempel pada dinding pembuluh darah  karena bisa menyumbat  arteri.

2.  Mengurangi risiko stroke

Periset asal Finlandia menemukan bahwa mengonsumsi cokelat memiliki risiko lebih rendah menderita stroke.

3. Kaya mineral

Cokelat hitam mengandung banyak mineral seperti potasium, zink, dan selenium, dan 100 gram batang cokelat hitam setara dengan 70% dan 67% mengandung RDA zat besi.

4. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi kakao berhasil menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan menaikkan kadar kolestrrol baik. Sehingga coklat berpotensi menurunkan resiko penyakit cardiovascular.

5. Baik untuk kulit

Cokelat hitam juga bisa menjaga kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Meskipun begitu sebaiknya juga tetap menggunakan krim tabir surya.

6. Membantu menurunkan berat badan

Cokelat bisa membantu menurunkan berat badan. Seorang peneliti saraf, Will Clower mengatakan sekotak cokelat cair yang masuk ke tubuh 20 menit sebelum makan akan meningkatkan hormon otak, sehingga otak akan mengirim sinyal bahwa Anda sudah kenyang.

Hal ini memangkas porsi makan Anda. Menghabiskan makan dengan sedikit pemicu dari cokelat juga bisa mengurangi kebiasaan memakan camilan.

7. Baik untuk kesehatan ibu dan bayi

Sebuah studi menyebut coklat bisa menurunkan stress pada ibu dan bayi. Ibu menjadi lebih banyak tersenyum daripada orangtua hamil yang tak mengonsumsi cokelat.

8. Mencegah diabetes

Meski terdengar aneh, kakao telah menunjukkan kepekaannya pada insulin. Begitu pula cokelat hitam yang jika diolah lagi bisa mencegah diabetes.

9. Kesehatan otak

Untuk mencegah hilangnya ingatan pada orangtua dan cegah pembengkakan pada area pernapasan, cokelat hitam bermanfaat mengatasi kerusakan otak.

10. Perasaan lebih baik

Cokelat mengandung phenylethylamine atau PEA yang mana bisa menciptakan perasaan jatuh cinta, zat ini terdapat  di dalam otak. PEA mendorong otak memiliki perasaan yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro