Relationship

Ini Investasi yang Cocok Untuk Pemula

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Kamis, 8 November 2018 - 10:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sering kali kata investasi memiliki 'imej' berat. Di mana untuk berinvestasi biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah berumur dan memiliki uang lebih.

Namun kini pelajar, mahasiswa atau bahkan Anda yang baru saja memiliki pekerjaan pertama Anda dapat melakukan investasi sedini mungkin.

Ardo Ryan Dwitanto, dosen Manajemen Keuangan dari IPMI International Bussiness School mengatakan bahwa saat ini seluruh investasi yang ada sangat menarik untuk dilirik.

"Tergantung dari [keinginan] si milenial ini sendiri, semisal ingin berinvestasi di saham, berarti dia harus belajar tentang saham itu sendiri, bagaimana perdagangannya, obligasi juga begitu, apabila ingin yang [mudah] ya taruh di tabungan," jelas Ardo saat dihubungi Bisnis, Kamis (8/11/2018).

Ardo mengatakan Reksa Dana juga dapat menjadi pilihan yang tepat apabila Anda ingin berinvestasi yang mudah dan tidak ingin ambil pusing.

"Reksa dana ini dikelola sama manager investasi, kita tinggal [percayakan] uang ke si manager investasi, nanti dia yang akan menginvestasikan," lanjutnya.

Kelebihan dari reksa dana adalah memudahkan Anda untuk memiliki instrumen investasi di mana manager investasi Anda akan memberikan saran instrumen investasi apa yang cocok untuk Anda.

"Jadi dia yang nanti investasikan [uang Anda] tentu dia akan bilang 'saya akan investasikan ke obligasi sekian persen, saham sekian persen, deposito sekian persen, nah kita tinggal beli [investasi apa] yang cocok," jelasnya.

Namun, apabila Anda ingin menjadi investor secara langsung atau membeli saham dengan upaya Anda sendiri, Ardo menyarankan agar Anda belajar terlebih dahulu mengenai investasi apa yang cocok untuk Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro