Ilustrasi pementasan teater./Antara-Zabur Karuru
Show

Teater ‘O’ USU Gelar Workshop Sambut Anggota Baru

Tika Anggreni Purba
Jumat, 9 November 2018 - 07:46
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN – Teater ‘O’ menggelar workshop Teater ‘O’ USU Angkatan XXVI di Tambunan, Langkat, Sumatra Utara pada 9 – 11 November 2018.

Acara unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Sumatera Utara (USU) itu diselenggarakan sebagai ajang temu ramah antargenerasi di Teater ‘O’ sekaligus melantik anggota baru. Pengurus teater turut mengundang seluruh keluarga besar Teater ‘O’ lintas generasi.

“Acara bakal diisi dengan kegiatan pementasan perdana untuk anggota baru, pelatihan penulisan naskah dan sutradara, dan pelatihan manajemen produksi,” kata Gita Tarigan, SekretarisTeater ‘O’, di Medan saat dihubungi Bisnis dari Jakarta pada Kamis (8/11/2018).

Seluruh kegiatan workshop, katanya, digelar untuk mendukung anggota teater agar semakin matang di berbagai bidang yang diperlukan dalam produksi teater.

Di tengah kelesuan geliat seni pementasan teater di Sumatra Utara, kelompok teater mahasiswa ini tetap eksis, dibuktikan dengan konsistensi mereka dalam memproduksi pertunjukan.

Melalui pertunjukan bergaya komedi satire, Teater ‘O’ mengkritik pemerintah ataupun masyarakat terkait dengan isu yang tengah hangat.

Beberapa pementasan akbar yang sukses digelar seperti lakon Detektif Danga-Danga, yang berlangsung tiga episode: Anak Perawan di Sarang Mucikari (2010), Negeri Para Bandit (2013), dan Mis$ Target (2015).

Selama 1 tahun terakhir, Teater ‘O’ telah menelurkan karya-karya terbaik melalui tur pementasan teater di daerah, konser tari, sastra, dan musik, serta pementasan teater di luar Sumut seperti Temu Teman di Padang, Sumatra Barat.

Teater yang berdiri sejak 1 Oktober 1991 ini hadir untuk menjawab kelesuan aktivitas dan kreativitas teater kampus di Medan.

Teater kampus memang tidak mendapat tempat istimewa pada masa itu karena organisasi di luar kegiatan akademik dianggap tidak begitu penting. Namun, pada kenyataannya kehadiran Teater ‘O’ membawa angin segar yang mewarnai kampus USU.

Sepanjang eksistensinya, Teater ‘O’ telah melahirkan baik seniman maupun akademisi di bidang seni dan sastra di Medan. Mereka adalah Yusrianto Nasution, Muklis Win Aryoga, YusriantoNasution, Kent Sihombing, Yos Rizal, Azrai, dan Yulhasni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro