Ekonom senior Aviliani berpose usai mengikuti trunk show Colaboration di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018)./Bisnis-Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Fashion

Tips Mengelola Keuangan A la Ekonom Aviliani

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Selasa, 27 November 2018 - 22:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan dalam mengelola keuangan. Namun, yang utama adalah memisahkan kebutuhan dengan keinginan agar pengeluaran tidak membengkak.

Apalagi, jika Anda memiliki tujuan jangka panjang. Selain harus disiplin menjaga pengeluaran, Anda juga bisa menabung dan berinvestasi.

Ditemui usai menjadi Muse untuk MeLookmel pada acara trunk show "Celebration" Fashion Legacy, di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018), ekonom Aviliani memberikan tips mengelola keuangan a la dirinya.

"Pertama, kita harus tahu jumlah bersih dari penghasilan kita [per bulan]," tuturnya.

Kedua, Anda harus tahu jumlah uang yang ingin ditabung atau disimpan dan berapa total jumlah pengeluaran rutin untuk kebutuhan rumah tangga dalam sebulan.

"Sisanya, boleh kita gunakan untuk yang lain-lain. Contohnya, minimal 20% untuk tabungan, sisihkan sekitar 10% untuk investasi, sisanya bisa digunakan [untuk kebutuhan sehari-hari]. Kalau ada [sisa lebih] ya bisa kita tabungkan kembali," tambah Aviliani.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro