Daging merah berprotein/boldsky.com
Health

Mau Tidur Nyenyak? Jangan Konsumsi 5 Makanan Berikut

Tika Anggreni Purba
Kamis, 29 November 2018 - 07:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Jika Anda menginginkan kualitas tidur yang baik, perhatikan pola makan Anda. Karena apa yang Anda makan akan menentukan tidur nyenyak atau tidak.

Tidur yang tidak berkualitas umumnya menyebabkan banyak problem misalnya bisa memicu kinerja memori otak, produktivitas, maupun suasana hati. Karena itu memiliki waktu tidur yang baik sangat penting untuk diperjuangkan.

Berikut lima makanan yang harus dihindari agar tidur lebih berkualitas, dilansir verywell.com: 

1. Kafein

Kafein sudah sejak lama dikenal sebagai penghilang kantuk. Jika Anda ingin tidur lebih nyenyak, hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan cokelat. Kafein mengandung adenosin yang dapat menghambat rasa kantuk setidaknya 6 jam setelah dikonsumsi. Sebaiknya kurangi konsumsi kafein setelah makan siang.
  
 2. Daging merah  

Makan daging merah pada malam hari sebelum tidur akan membuat Anda lebih susah tidur. Hal ini terjadi karena daging merah lebih lama dicerna dan membuat perut kurang nyaman untuk tidur. Lebih baik konsumsi makanan seperti yogurt, susu, atau sayur hijau untuk tidur lebih nyenyak.

3. Alkohol

Anda mungkin sangat lelah sehingga membutuhkan minuman alkohol untuk merilekskan diri, tetapi meminumnya sebelum tidur akan bikin tidur tidak berkualitas di malam hari. Efek stimulan pada alkohol memang bisa bikin tidur lebih cepat, tapi tidak nyenyak.

4. Makanan pedas

Orang yang sering sulit tidur sebaiknya menghindari makanan pedas. Capcaisin dalam cabai bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga membuat tidak nyaman untuk tidur.

5. Gula

Makanan yang mengandung gula bisa meningkatkan kadar gula darah sehingga tubuh kita terasa berenergi. Hal ini bisa menghambat dan menunda waktu tidur Anda.        

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro