Ilustrasi konsultasi kehamilan /boldsky.com
Health

Kenali Gejala dan Pengobatan Endometriosis

Newswire
Jumat, 30 November 2018 - 15:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Kaum perempuan diminta mewaspadai adanya endometriosis di dalam tubuh yang dapat berdampak pada kesuburan.

Konsultan obstetri dan ginekologi subspesialisasi fertilitas Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk (SHKJ) Dr med Ferdhy Suryadi Suwandinata SpOG (K-Fer) mengatakan gejala awal yang paling umum dialami adalah nyeri berlebihan pada saat menstruasi, atau merasakan nyeri saat berhubungan suami istri.

Endometriosis merupakan kumpulan gejala yang disebabkan oleh jaringan endometrium yang letaknya tidak beraturan, bisa berada di ovarium, dinding luar rahim, vagina, dan lainnya.

Rasa nyeri saat berhubungan suami istri tersebut, dikarenakan endometriosis tumbuh di sekitar vagina atau di sekitar leher rahim. Akibatnya merasa nyeri saat tersentuh. Untuk mengatasinya, Ferdhy menyebutkan ada beberapa metode, yakni bisa melalui pembedahan dan induksi ovulasi.

"Untuk pembedahan, disarankan untuk yang sudah memiliki keturunan, karena dikhawatirkan proses ini akan menyebabkan kerusakan pada indung telur," ujarnya, Jumat (30/11).

Sementara untuk induksi ovulasi, kista tidak dibuang. Dokter hanya memberikan tekanan agar endometriosis tidak bertambah parah. Metode itu disarankan bagi perempuan yang masih ingin memiliki keturunan.

Menurut dia, endometriosis merupakan salah satu gangguan kesuburan yang terjadi pada perempuan.

Gangguan kesuburan lainnya, seperti faktor hormonal, gangguan pematangan sel telur, miom, kista, tumor, bahkan kanker. Untuk penanganan gangguan karena faktor hormonal atau masalah pematangan sel telur, kata dia, bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan.

Sementara untuk kasus endometriosis, miom, kista, tumor, dan kanker, kata dia, bisa dilakukan pembedahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Rahayuningsih
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro