Ilustrasi/Theworkzine
Relationship

7 Cara Menghadapi Orang "Beracun" di Sekitar Anda

Tika Anggreni Purba
Rabu, 5 Desember 2018 - 07:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Orang beracun atau toxic people adalah mereka yang perilakunya penuh dengan kebohongan dan manipulatif.

Dia selalu membuat Anda merasa lelah secara emosional karena perilakunya yang menjengkelkan, menekan, bahkan merendahkan Anda. Perkataannya sering menyakiti bahkan membuat Anda menderita. 

Apabila Anda tidak berhati-hati, mereka dapat mengintimidasi bahkan menghancurkan hidup Anda. 

Untuk menghadapi orang beracun membutuhkan mental dan stratagi yang bijkasana. Jangan biarkan orang beracun menguasai hdaan menekan hidup Anda. Pastikan untuk menghadapi mereka dengan 7 cara berikut dilansir dari psychologytoday.com: 

1. Atur jarak dan komunikasi

Jika di sekitar Anda terdapat beberapa orang beracun, lebih baik mengatur jarak dan membatasi komunikasi dengan mereka. Tidak harus memutuskaan hubungan, tetapi berikan batasan ketika berhadapan dengannya.

2. Tidak terlibat secara emosional

Apabila Anda harus bertemu dengan orang beracun karena terjebak dalam pekerjaan atau hubungan keluarga, sebaiknya batasi pikiran dan perasaan Anda untuk terlibat lebih jauh dengan dia. 

Batasi energi emosional yang Anda berikan ketika hidup dengan mereka. Tidak perlu terlalu terbuka akan kehidupan Anda dengannya.

3. Kontrol diri sendiri, bukan orang lain

Anda mungkin memiliki banyak harapan agar orang-orang yang beracun tersebut berubah dengan kendali Anda. Tak perlu melakukan itu. Upayakan untuk merespons mereka dengan bijaksana ketimbang berusaha untuk mengubah mereka. 

4. Konsisten dengan keputusan Anda

Ketika Anda telah memutuskan untuk tidak terlibat jauh dengan orang beracun, konsistenlah dengan keputusan itu. Jangan tergugah dan memaklumi perbuatan orang beracun yang merugikan hidup Anda. 

5. Kendalikan pikiran

Memikirkan keburukan atau perilaku jelek yang dilakukan orang beracun akan membuat Anda semakin jengkel. “Huh, dia sangat menyebalkan!”, “Dia selalu merusak hariku,” misalnya. 

Ketika Anda mendapati diri Anda berpikir destruktif, segera hentikan! Jangan izinkan pikiran Anda memikirkan hal-hal buruk yang dapat merusak suasana hati.

6. Utamakan kesehatan tubuh dan jiwa

Walaupun Anda sudah membuat batasan yang baik dengan orang beracun, mereka bisa saja masih menguras energi Anda. Karena itu penting untuk mempelajari cara agar pikiran dan tubuh Anda tetap sehat dan bahagia.

Misalnya dengan menjalani setiap hari dengan penuh rasa syukur atau mempelajari cara menenangkan hati dan pikiran melalui meditasi. 

7. Tetap teguh memegang prinsip dan nilai 

Ketika orang beracun membuat Anda sangat kewalahan, tidak mengapa untuk memutuskan hubungan dengannya. Anda bukanlah orang yang kejam ketika melakukan itu.


Demi kesehatan mental Anda sah-sah saja mengundurkan diri dari pekerjaan yang di dalamnya terdapat banyak orang beracun. Anda tidak bersalah dalam hal ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro