Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam seusai mengisi acara Seminar Awam Kanker Usus Besar Bisa Dicegah dan Diatasi dan Peluncuran Aplikasi Berbasis Android 'Apa Kata Dokter' di Ruang Senat FKUI, Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018)./Bisnis/Nur Faizah
Health

Konsumsi Probiotik Dapat Mencegah Kanker Usus Besar?

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Kamis, 6 Desember 2018 - 16:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain menjaga pola makan dan gaya hidup, mengonsumsi probiotik ternyata bisa menjadi salah satu cara mencegah munculnya kanker usus dalam tubuh.

Probiotik merupakan mikroorganisme yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit. Anda bisa mendapatkan probiotik dari makanan, minuman, dan suplemen yang saat ini sudah beredar luas di pasaran.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam mengatakan mengonsumsi probiotik dapat membantu sistem pencernaan sehingga dapat membantu mencegah munculnya kanker usus besar.

"Probiotik itu makanan kesehatan, salah satunya untuk mencegah berbagai macam masalah penyakit pencernaan, probiotik bagus karena memberikan kuman-kuman baik di usus kita," ujar Ari saat ditemui usai mengisi acara Kanker Usus Besar Bisa Dicegah dan Diatasi dan Peluncuran Aplikasi Berbasis Android 'Apa Kata Dokter' di Ruang Senat FKUI, Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

Ari menjelaskan kuman-kuman baik yang dihasilkan dari probiotik tersebut akan membantu proses fermentasi atau pembusukan dari kotoran yang menumpuk di dalam usus. "Dengan proses fermentasi yang baik, maka lebih banyak [kotoran dalam usus] yang dikeluarkan, selain itu juga proses antara probiotik dan serat akan memberikan makanan bagi usus kita, jadi jelas bahwa probiotik itu makanan kesehatan dan masuk salah satu yang bisa mencegah terjadinya kanker usus besar," jelas Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro