Ilustrasi/Pineslearning
Relationship

Ingin Berkomunikasi dengan Baik di Tempat Kerja? Ini 7 Tekniknya

Tika Anggreni Purba
Kamis, 3 Januari 2019 - 19:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Komunikasi merupakan suatu faktor yang sangat penting untuk meraih sukses dala pekerjaan. Tidak hanya kesuksesan secara pribadi, tetapi juga kesuksesan bagi perusahaan Anda.

Dengan komunikasi yang baik, kinerja tim menjadi lebih jelas, konsisten, dan terarah. Itulah sebabnya komunikasi perlu dipelajari dengan maksimal, demi kesuksesan Anda, tim Anda, dan perusahaan tempat Anda bekerja.

Berikut ini 7 teknik komunikasi yang penting untuk dikembangkan di tempat kerja, dilansirLifehack.org:

1. Selalu siap sedia

Salah satu cara termudah untuk memiliki komunikasi yang baik di tempat kerja adalah selalu siap sedia. Hal ini berarti Anda siap sedia untuk diajak bicara atau bekerja. Menyediakan diri bagi pekerjaan akan menciptakan suasana kerja yang nyaman.

2. Bersahabat

Jadilah orang yang bersahabat pada rekan-rekan kerja Anda. Milikilah perilaku yang positif dan peduli kepada orang lain.  Ini merupakan salah satu cara untuk membangun komunikasi yang baik secara natural.

3. Menjadi pendengar yang baik

Komunikasi yang baik tidak hanya tentang menyampaikan pesan dengan baik. Komunikasi juga berarti menjadi pendengar pesan yang baik. Hal ini akan membantu Anda untuk mengerti orang lain dengan lebih jelas..

Ketika Anda mengembangkan kemampuan untuk mendengar, Anda akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, mendengar juga menciptakan keseimbangan antara Anda dengan rekan kerja lainnya.

4. Sampaikan pesan dengan jelas

Ketika membagikan informasi, pastikan untuk menyampaikannya dengan jelas dan dapat dimengerti. Jangan berbicara dengan bertele-tele dan sulit dipahami.

5. Hati-hati dengan bahasa nonverbal

Bahasa verbal sama pentingnya dengan bahasa nonverbal. Ketika Anda berbicara dengan orang lain, perhatikan bahasa nonverbalnya. Bahasa tubuhnya akan menggambarkan pesan tertentu yang sebaiknya Anda tangkap dengan segera.

Saat berbicara dengan orang lain, tataplah matanya sehingga kontak mata terjadi. Tunjukkan postur tubuh yang terbuka sebagai bentuk penerimaan.

6. Terbuka terhadap feed back

Terbukalah terhadap umpan balik terhadap pesan yang Anda bicarakan. Apabila ada yang mengkritik atau mengevaluasi Anda, terima dengan terbuka.

7. Berpikiran terbuka

Apabila Anda tidak berpikiran terbuka saat berkomunikasi dengan orang lain, Anda sulit untuk mendengarkan mereka. Tanpa pikiran yang terbuka, Anda juga akan sulit untuk memahami pesan. Karena itu saat berkomunikasi dengan orang lain buanglah prasangka dan persepsi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro