Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam./Bisnis-Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Health

Arti Remisi bagi Penderita Kanker

Newswire
Jumat, 11 Januari 2019 - 19:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Di dunia medis  penderita kanker tidak dikatakan sembuh tetapi istilah yang digunakan adalah remisi atau relaps sehingga yang sudah memasuki masa ini tetap harus menjaga gaya hidup sehat.

 "Apa yang dimaksud dengan remisi? Yakni pasien kanker tersebut sudah diterapi dan sudah dievaluasi bahwa pasien tersebut tidak mengandung sel kanker lagi di dalam tubuhnya atau kita sebut remisi. Pada masa remisi tersebut si pasien harus tetap kontrol secara teratur dan tetap menjaga tubuhnya agar selalu sehat. Istilah remisi berbeda dengan sembuh total," ujar Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr Ari F Syam, Jumat (11/1/2019)

Pernyataan Ari tersebut menanggapi kondisi Ustaz Arifin Ilham yang menderita kanker nasofaring dan ramai di sosial media yang menyebutkannya  sudah sembuh.

Menurut Ari, kanker beda dengan penyakit infeksi, misal infeksi demam thypoid bisa kita katakan sembuh total. Secara psikologis istilah remisi seperti mengingatkan kepada pasien tersebut bahwa dirinya harus kontrol secara teratur dan tetap dengan gaya hidup sehat.

Salah satu cara hidup sehat adalah istirahat cukup dan tetap menjaga makan, usahakan perbanyak mengosumsi sayur dan buah agar tetap sehat. Buah dan sayur mengandung antioksidan yang dibutuhkan untuk menetralkan racun di dalam tubuh kita.

Selain itu stres, baik stres fisik maupun psikis bisa memperburuk perjalanan kanker seseorang. "Kontrol teratur juga tetap dilakukan karena pasien yang remisi dari suatu kanker berisiko untuk menderita kanker kembali," katanya.

Jika sudah menderita kanker stadium empat, Ari menjelaskan bahwa kanker stadium empat menunjukkan bahwa perjalanan kanker sudah lanjut dan sudah ditemukan penyebaran kanker ke organ lain.

Adapun organ yang sering terkena penyebaran kanker adalah paru, liver atau otak. Sering juga perjalanan kanker menginfiltrasi organ sekitarnya. "Kanker stadium empat juga berhubungan dengan tingkat ketahanan yang rendah. Hitungan tingkat ketahanan berhubungan dengan bertahan hidupnya seseorang dengan penyakit kankernya," ujar dia.

Tingkat ketahanan merupakan prediksi terhadap bertahan hidup seorang penderita kanker untuk waktu tertentu, dan biasanya waktu yang diambil lima tahun. Biasanya terapi yang diberikan pada pasien yang sudah stadium empat bersifat paliatif supportif.

Terapi itu, katanya, dilakukan dengan tindakan nyeri kankernya dikurangi, nafsu makannya diperbaiki, gejala mual dan muntah dikurangi. Pasien bisa melakukan aktivitas sehari-harinya secara mandiri. Prinsip terapi paliatif hanya mengurangi dampak dari perjalanan kanker yang ada.

Walau perkembangan teknologi dan temuan obat-obat baru kanker akan memperbaiki kualitas hidup dan tingkat ketahanan pasien kanker tersebut. Untuk kanker usus besar stadium empat tingkat ketahanan hidup survival untuk lima tahun hanya 11%, artinya lebih kurang hanya satu dari 10 pasien kanker stadium empat tersebut yang bertahan hidup dalam lima tahun ke depan.

Pada praktiknya dokter tidak bisa menyebut berapa lama lagi seseorang bisa bertahan hidup karena sakit kankernya, tetapi yang dinilai adalah kesempatan pasien tersebut tetap bertahan hidup dalam lima tahun ke depan.

Bagi pasien kanker dan keluarga mengetahui angka survival rate atau tingkat ketahanan hidup itu penting. "Tetapi mengetahui angka survival rate juga bisa membuat pasien kanker lengah. Misal seseorang yang diketahui hanya menderita kanker stadium satu yang sudah diobati menjadi lengah karena merasa harapan hidupnya lebih baik dan meninggalkan gaya hidup sehat dan tidak kontrol. Selain itu pasien dan keluarga harus mengetahui risiko yang bisa dihandiri untuk suatu penyakit kanker karena risiko ini bisa berbeda-beda," ujar Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Rahayuningsih
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro