Kacang Mete/wikipedia
Health

5 Jenis Kacang yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 15 Januari 2019 - 13:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penderita diabetes memiliki banyak pantangan makanan agar kadar gulanya tidak naik terus menerus.

Pola makan yang sehat dan gaya hidup teratur menjadi kunci penting penderita diabetes tetap sehat.

Ada beberapa jenis makanan yang dilarang misalnya yang mengandung kadar gula tinggi tentu saja. Akan tetapi, ada juga banyak makanan yang dianjurkan agar tetap sehat.

Kacang adalah sumber nutrisi yang baik, karena mengandung banyak vitamin, mineral, kalsium, dan asam lemak tak jenuh. Dianjurkan untuk memiliki segenggam kacang setiap hari agar tetap sehat.

Tetapi jika Anda penderita diabetes, maka mengonsumsi semua jenis kacang mungkin bukan ide yang baik untuk Anda. Sangat penting untuk makan dengan penuh perhatian agar kadar gula darah Anda tetap terkendali.

Berikut ada 5 jenis kacang yang baik untuk penderita diabetes seperti dilansir dari timesofindia.com

Kacang almond

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal, Metabolism pada April 2011, Almonds mengelola kadar glukosa pada orang diabetes. Almond dapat mengurangi stres oksidatif, yang merupakan faktor kunci yang bertanggung jawab untuk diabetes dan penyakit jantung. Satu porsi almond dapat memenuhi kebutuhan magnesium harian Anda.

Kacang almond mentah dan mentah adalah yang terbaik. Anda juga bisa merendamnya dalam air semalaman dan memakannya di pagi hari.


Kacang kenari

Kacang kenari tinggi kalori tetapi tidak memiliki dampak besar pada berat badan. Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes, Obesitas, dan Metabolisme, mengonsumsi kacang kenari memberi Anda perasaan kenyang dan mengurangi hasrat akan makanan lain.

Ditemukan juga bahwa mengonsumsi kenari secara teratur membantu menurunkan berat badan dan mengurangi kadar insulin puasa pada seseorang. Konsumsi kenari mentah dengan kulitnya yang utuh.


Kacang pistasio

Pistachio padat dalam energi tetapi merupakan sumber protein dan lemak yang baik, yang membantu Anda tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Sesuai penelitian tahun 2014, yang diterbitkan dalam Review of Diabetic Studies, makan pistachio membantu meningkatkan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes. Pistachio asin harus dihindari. Anda bisa makan 30 kacang setiap hari dengan semangkuk salad buah-buahan.

Kacang kacangan

Sumber protein dan serat yang baik, kacang tanah sangat bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes tipe 2. Makan kacang setiap hari tidak hanya akan membantu penurunan berat badan tetapi juga meminimalkan risiko penyakit jantung.

Kacang juga mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes dan mencegah perkembangan diabetes sejak awal. Anda dapat makan 28-30 kacang mentah setiap hari.

Kacang mete

Konsumsi  kacang mede secara teratur menurunkan tingkat tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kacang mete mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan kacang lainnya. Selain itu, mereka tidak memiliki dampak negatif pada kadar glukosa darah atau berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro