Ilustrasi/Indiatimes
Relationship

4 Perilaku Buruk Bikin Anda Kurang Profesional di Kantor

JIBI
Senin, 21 Januari 2019 - 14:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki sikap dan perilaku yang baik di tempat kerja merupakan suatu keharusan. Ada empat perilaku yang membuat Anda terlihat kurang profesional di kantor.

Menurut pakar pengembangan karier Australia, Sue Ellson, kebiasaan kerja yang buruk seperti tidak memperhatikan instruksi dengan benar dapat menurunkan citra dan etos kerja Anda.

Dilansir dari dailymail.co.uk, berikut adalah uraian Sue Ellson pada perilaku  yang membuat Anda terlihat kurang profesional dan beberapa cara terbaik untuk memperbaiki hal tersebut.

1. Mendengarkan instruksi, namun tidak memperhatikannya

Di sela rutinitas Anda dalam mengerjakan tugas, Anda mungkin diserahkan sebuah tugas baru. Ini membuat konsentrasi Anda menjadi terpecah.

Dalam hal ini, Anda mungkin mendengarkan instruksi namun tidak cukup memperhatikan dikarenakan pikiran Anda pada tugas utama yang biasa Anda lakukan.

Ini adalah hal yang salah dan membuat Anda menjadi kurang profesional khususnya dengan hasil yang kurang maksimal. Cara terbaik adalah memperhatikan dengan kontak mata agar lebih fokus dan berusaha keras untuk mendengarkan perintah.

2. Menyingkat dan memberikan emoji saat komunikasi

Saat Anda bekerja, hindari menyingkat kata seperti ‘no probs’ yang harusnya ‘no problem’ serta menggunakan bahasa slang seperti ‘top dog’ untuk ‘direktur’.

Selain itu, jangan menambahkan emoji dalam email atau pun sms karena dipercaya dapat mengganggu komunikasi dan membuat Anda menjadi kurang profesional. Terlebih lagi, apabila orang yang Anda hadapi memiliki latar belakang budaya yang berbeda. 

3. Berpakaian kurang sopan dan baik

Berpakaian sesuai dengan lingkungan kerja Anda dapat menunjukkan sikap profesionalitas Anda. Sue Ellson mengatakan, baju seperti yang terbuka dan robek-robek dapat memperburuk citra Anda yang dipandang oleh orang-orang di sekitar lingkungan kerja.

Selain itu, kebersihan badan juga harus selalu diperhitungkan setiap saat. Bau badan dipercaya dapat menimbulkan pandangan yang negatif tentang Anda.

4. Lupa sopan santun

Pakar di tempat kerja itu mengatakan bahwa sudah terbukti dari waktu ke waktu, orang-orang yang menyenangkan dan sopan dianggap lebih positif dalam karier. Mengucapkan terima kasih sebagai contoh, telah dicatat sebagai salah satu strategi terbaik untuk menunjukkan sikap sopan santun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro