Ilustrasi penderita gangguan tidur (sleep anea)./Istimewa
Health

4 Tips Ciptakan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Eva Rianti
Selasa, 22 Januari 2019 - 15:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki kualitas tidur yang baik akan memberi pengaruh yang positif bagi tubuh dan pikiran. Tidak perlu seorang ahli untuk memahami pentingnya hal tersebut, Anda tentunya juga merasakan bahwa tidur yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup.

Pastikan bahwa Anda memberikan hak pada tubuh dan pikiran dengan istirahat terbaik sepanjang malam. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas tidur, seperti dilansir dari Sleep Health Solution, baru-baru ini.

Pertama, bebas layar selama 30—60 menit sebelum tidur

Agar teknologi tidak mengganggu kemampuan Anda untuk tidur nyenyak, pastikan sekitar 30 menit terakhir hingga satu jam sebelum tidur Anda terbebas dari layar ponsel.

Membaca buku misalnya menjadi contoh yang bagus dari kegiatan pengantar tidur yang sebenarnya dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Kedua, membuat kamar tidur senyaman mungkin

Jika Anda tidur di tempat bersih, Anda akan merasa lebih nyaman dan kualitas tidur akan terasa lebih baik. Jadi lakukan kegiatan membersihkan kamar secara rutin agar rasa nyaman bisa selalu terjaga. Upayakan untuk menghindari televisi dan gadget lainnya yang mungkin Anda miliki di dalam ruangan.

Ketiga, buatlah pusat pengisian daya khusus

Anda bisa membuat tempat mengisi daya perangkat elektronik dan telepon pada malam hari di area publik di rumah. Hal ini akan membantu mengurangi gangguan tidur bagi keluarga Anda. Menempatkan smartphone dalam mode tidur juga dapat membuat Anda tidak terganggu dengan berbagai notifikasi.

Keempat, gunakan jam alarm, bukan alarm ponsel

Lebih baik menggunakan jam alarm tradisional daripada mengandalkan alarm ponsel Anda. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa adanya peningkatan risiko kanker yang berkaitan dengan kebiasaan menaruh ponsel di atas atau di bawah bantal saat Anda tidur.

Jam alarm tradisional akan membantu meredakan kecemasan yang dialami sebagian orang terhadap risiko penyakit tersebut. Ini juga bisa membantu Anda bangun tepat waktu dan dapat membuat pagi hari lebih menyenangkan. Selamat menjalankan tips-tips tersebut dan semoga konsisten!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro