Ilustrasi/Pxlfitness
Health

Makan Sendirian Berisiko Timbulkan Penyakit?

Eva Rianti
Selasa, 22 Januari 2019 - 20:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jika Anda seringkali makan sendirian, berhati-hatilah, ada hal yang perlu Anda ketahui tentang kaitan makan sendirian dengan risiko terkena penyakit.

Seorang dosen di School of Psychological Sciences di Univeristy of Melbourne, Kate Greenaway mengungkapkan bahwa makan sendirian berkaitan dengan beberapa risiko kesehatan, seperti peningkatan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan risiko lebih besar terkena diabetes.

“Tetapi ini bukan karena tindakan makan sendiriannya. Faktor sosioemosional, seperti kesepianlah yang menyebabkan risiko tersebut,” katanya, seperti dilansir dari Abc.net.au, Selasa (22/1/2019).

Studinya membuktikan bahwa sebenarnya penyebab risiko penyakit-penyakit tidak menular tersebut bukanlah karena kondisi sendirian, melainkan karena rasa kesepian yang timbul ketika sendiri.

Dia menambahkan bahwa orang-orang yang mudah kesepian, bahkan masih merasa sepi sekalipun ketika bersama orang lain. Ini adalah kondisi pikiran yang pergi kemana-mana.

“Makan sendirian tentu baik-baik saja secara emosional jika orang tersebut merasa bahagia, sehat, dan terhubung dalam kehidupan sosial mereka,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro