Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett
Relationship

Stres Gara-gara Pekerjaan? Berikut Cara Mengatasinya

Tika Anggreni Purba
Kamis, 31 Januari 2019 - 13:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak pekerja yang mengalami stres akibat berbagai risiko di tempat kerja. Reaksi stres bisa beragam seperti bersifat emosional, perilaku, bahkan fisik.

Reaksi stres yang berlangsung cukup lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental yang menetap, bahkan juga gangguan kesehatan fisik seperti kelelahan kronis, masalah tulang dan otot, dan penyakit kardiovaskular.

Kepribadian, nilai, tujuan, umur, gender, tingkat pendidikan, dan situasi keluarga umumnya sangat mempengaruhi tingkat stres seseorang di tempat kerja. Jika pekerja mampu menghadapi kondisi kerja yang menekan, mereka akan lebih berpengalaman dan percaya diri kelak.

Bagaimana caranya menghadapi stres karena pekerjaan?

1. Atur keseimbangan kerja dan kehidupan

Kembangkan jadwal kerja sesuai dengan tuntutan dan tanggung jawab Anda. Mengatur waktu bekerja secara efektif sehingga Anda memiliki waktu untuk beristirahat. Jika memerlukan waktu yang lebih fleksibel untuk bekerja, Anda perlu memilih pekerjaan yang tepat.

2. Berbagi pekerjaan

Jangan sungkan untuk bekerja sama dengan rekan kerja Anda. Saling berbagi beban dalam pekerjaan justru dapat menolong Anda terlepas dari stres.

3. Bekerja dari rumah

Semangat dan kepuasan saat bekerja dari rumah lebih biasanya lebih tinggi. Hal ini terjadi karena pekerja cenderung dapat mengatur waktunya sendiri dan memiliki kontrol yang besar terhadap caranya bekerja.

4. Menikmati waktu makan siang untuk bersantai

Manfaatkan secara efektif waktu untuk makan siang dengan bersantai atau melakukan kegiatan yang menyenangkan. Jika ada waktu yang cukup, gunakan untuk olahraga atau relaksasi.

5. Olahraga

Latihan fisik dan teknik relaksasi dapat membantu menurunkan respons stres. Pilihlah olahraga yang bisa Anda lakukan setidaknya 150 menit selama satu minggu.

6. Manajemen stres

Pelajari cara manajemen stres secara praktis. Setiap orang memiliki caranya masing-masing dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

7. Mencari komunitas pendukung

Kehadiran orang-orang yang dapat mendukung Anda dalam masa sulit akan sangat membantu menghadapi stres. Ketika Anda stres, berbagilah dengan orang yang dapat dipercaya untuk mendengar keluhan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : Kemenkes
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro