Warga memadati kawasan Pasar Gede yang dihiasi dengan lampion saat malam Tahun Baru Imlek 2019 di Solo, Jawa Tengah, Senin (4/2/2019)./Antara
Fashion

4 Hal Boleh dan Tak Boleh Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek

Newswire
Selasa, 5 Februari 2019 - 07:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Selasa (5/2/2019), diharapkan membawa berkah, kemakmuran dan rezeki sepanjang tahun. Namun, ada beberapa hal yang bisa dan tak bisa dilakukan saat perayaan Imlek.

Agar keberuntungan tetap berada dalam genggaman, ada beberapa aktivitas terlarang, tetapi ada pula aktivitas yang dianjurkan saat Imlek.

Berikut 4 aktivitas yang boleh dan tak boleh dilakukan saat Imlek:

1. Dilarang menyapu

Menyapu atau bersih-bersih saat Imlek tidak dianjurkan sama sekali. Selvie Anggrainy, warga Jakarta yang merayakan Imlek, mengatakan aktivitas harian itu dianggap bisa menyapu keberuntungan seseorang.

2. Dilarang potong rambut

Memotong rambut dianggap sama seperti menyapu, yakni bisa membuang keberuntungan. Jika memang ingin punya penampilan baru yang segar saat Tahun Baru Imlek, lakukanlah tiga hari atau setidaknya sepekan sebelum Imlek.

3. Serba Merah

Pakailah busana bernuansa merah, atau setidaknya aksesoris berwarna merah saat berkumpul dengan keluarga tercinta. Ini juga berlaku saat malam imlek. Warna merah dipercaya bisa mengundang keberuntungan untuk masa mendatang.

4. Angpau

Berbagi angpau jadi tradisi yang tidak terlewatkan saat Imlek. Biasanya yang boleh memberikan angpau adalah mereka yang sudah menikah. Para lajang tak perlu ikut berbagi amplop, cukup menunggu giliran menerima angpau.Namun, para lajang yang sudah bekerja dianggap tidak perlu lagi diberi angpau, meski sebenarnya sah-sah saja bila memang diberi angpau.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro