Dede Yusuf/Antara-Puspa Perwitasari
Health

Upaya Intervensi Gizi Terus Digenjot

Eva Rianti
Rabu, 6 Februari 2019 - 15:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Komisi IX DPR RI Dede Macan Yusuf Effendi mengungkapkan bahwa intervensi dan edukasi gizi perlu terus digencarkan. Hal ini didukung dengan anggaran yang dinilai cukup tinggi.

“Anggaran kesehatan lumayan, dalam 3 tahun terakhir sudah meningkat menjadi 5% dari APBN. Untuk intervensi gizi pun sudah meningkat dari Rp600 miliar menjadi Rp 1 triliun lebih, saat ini di tahun 2019 ini juga sudah sampai Rp1 triliun-an,” ujarnya melalui video call dalam acara Diskusi Publik bertajuk ‘Menuju Zero Gizi Buruk dan Stunting 2045’ baru-baru ini.

Dede mengungkapkan bahwa dengan adanya dukungan berupa kucuran dana, sangat diperlukan keberpihakan dan kesamaan persepsi dari para pimpinan, mulai dari presiden, gubernur, bupati, bahkan hingga ke tingkat desa dalam menangani masalah gizi di Indonesia. 

Selain menyadari perlunya dukungan berupa dana maupun kesolidan para pimpinan, dia menambahkan, diperlukan pula upaya-upaya lainnya. Misalnya merealisasikan tersedianya program ‘satu ahli gizi satu desa’.

Pasalnya, hingga saat ini masih ada sekitar 40% penyakit terjadi didalangi oleh faktor asupan gizi yang kurang baik atau tidak seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro