Ini 5 Kisah Kepribadian Ganda, Salah Satunya Jadi Film Layar Lebar

Jika ada sepuluh kepribadian dalam satu tubuh, kamu pasti sebut itu adalah fenomena gaib. Eits, itu ada penjelasan ilmiahnya loh. Nah, ini lima pengidap kepribadian ganda atau Dissociative Identity Disorder, salah satunya dibuat film yang baru-baru ini tayang.
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 07 Februari 2019  |  16:54 WIB
Ini 5 Kisah Kepribadian Ganda, Salah Satunya Jadi Film Layar Lebar
DID disebabkan pengalaman masa lalu. - Pinterest

Bisnis.com, JAKARTA – Kepribadian ganda atau Dissociative Identity Disorder sering dianggap fenomena gaib. Padahal, kondisi ini dapat dijelaskan secara ilmiah. Pasien yang mengidap Dissociative Identity Disorder (DID) umumnya punya pengalaman kelam di masa lalu.

Pengalaman kelam itu bisa dari pelecehan seksual dan kekerasan fiksik hingga siksaan secara verbal.

Adegan traumatik di masa lalu ini sangat membekas hingga pengidap DID membelah kepribadiannya menjadi beberapa bagian.  

Umumnya, orang yang memiliki kepribadian ganda akan dikuasai oleh alter ego-nya ketika berada dalam tekanan.

Saat tubuh telah 'diambil alih', kepribadian asli akan tertidur tanpa mengingat kejadian seperti apa yang sedang berlangsung.

Berikut ini Bisnis.com merangkum 5 kisah kepribadian ganda yang kasusnya cukup mencolok.

1. Anastasia Wella, Sastrawan hingga Pintar Baca Al-Qur'an

Anastasia Wella memiliki 9 kepribadian dengan nama dan karakter yang saling berbeda-beda.

Naura adalah karakter temperamen, Paula si ahli berhitung, Saraswati sang model dan penari, karakter anak kecil pada Atin, dan Andres si pria yang melakukan kekerasan.

Tak hanya itu, ada pula karakter milenial pada sosok Ravelin, pandai menulis sastra dalam Ayu, hingga Bilqis yang pintar baca Al-Qur'an. 

Semua karakter tersebut bersemayam dalam satu tubuh bersama si pribadi yang asli.

Wella menyebut kepribadiannya yang lain akan muncul saat dirinya tengah menghadapi masalah, merasa terancam, atau berada dalam pilihan yang sulit.

Panik, migrain, dan rasa cemas, adalah pertanda akan ada yang hadir menguasai dirinya secara tak terduga.

Wella mengaku mengalami trauma dahsyat akibat perlakuan kasar dari orang tuanya. Dia dulu sering mendapatkan siksaan. 

Tak hanya itu, dirinya juga merasa tertekan dengan lingkungan sekolah. Wella kerap dikucilkan, dibully, hingga merasa minder dan kesepian. Semua itu bergentayangan dalam pikirannya.

Kejadian amat buruk ini berulang kali dialaminya. Padahal waktu itu usianya baru menginjak 9 tahun.

Saat ini Wella tengah berusaha untuk mengontrol alter ego-nya.

2. Melanie Goodwin, Satu Suara Menentang Pelecehan

Melanie Goodwin adalah wanita Inggris yang hingga usai 40 tahun tak memiliki ingatan tentang dirinya sebelum umur 16 tahun.

Sebuah tragedi dalam keluarga menjadi penyebab atas perubahan psikologi yang dahsyat pada dirinya.

Tiba-tiba saja, Melanie sadar ternyata ada banyak identitas dalam dirinya. Pada satu waktu dia mengatakan suka kopi, lalu di waktu lain dia bilang tak pernah menyukainya.

Kepribadian ganda yang dimiliki Melanie berbeda-beda berdasarkan rentang umur, mulai dari 3 tahun, 16 tahun, hingga yang dewasa.

Tercatat ada 9 kepribadian yang berbeda pada tubuh Melanie. Namun yang menyatukan masing-masing dari mereka adalah upaya untuk mendapat kehidupan yang bebas dari pelecehan seksual.

3. Billy Milligan, Saat Alter Ego Jadi Pelaku Kriminal

Sudah pernah menyaksikan film Split garapan M. Night Shyamalan? salah satu karakter utama dalam film tersebut, Kevin Wendel Crumb, ternyata terinspirasi dari kisah hidup seorang pasien DID bernama Billy Milligan.

Billy sempat menghebohkan publik Amerika Serikat (AS) pad medio 1970-an atas sejumlah aksi kriminalitasnya.

Atas ulahnya, Dia didakwa hukuman kurungan penjara. Namun ganjaran tersebut tak jadi dijatuhkan karena Billy.

Alasannya, Billy mengaku aksi pencurian, penyerangan hingga pemerkosaan itu dilakukan oleh sosok wanita lesbian yang bersemayam pada dirinya.

Setelah dilakukan serangkaian tes, ternyata ada temuan yang lebih mengejutkan. Billy diketahui memiliki 24 alter ego. Pihak berwajib AS lantas membebaskan Billy dari tuntutan hukum dan kemudian dirujuk ke rumah sakit jiwa.

4. Truddi Chase, Menjadi Gerombolan yang Saling Dukung

Kisah Truddi Chase cukup unik jika dibandingkan dengan penderita DID lainnya. 

Beberapa kepribadian dalam dirinya tidak saling berbenturan. Masing-masing dari mereka saling menyadari kehadiran satu sama lain tengah berada dalam tubuh Truddi.

Menurut Truddi, sejumlah alter ego-nya adalah gerombolan pasukan dan tak menginginkan mereka melebur dalam satu kepribadian.

Eksistensi masing-masing alter ego dihargai karena sudah menjadi rekan senasib sepenanggungan.

Ada 92 kepribadian dalam diri Truddi. Kepribadian termuda yakni Lamb Chop, gadis berusia 5 tahun, dan Ean si sosok penyair sekaligus filsuf Irlandia yang berusia seribu tahun.

Truddi mengaku pemicu DID yang dimilikinya akbiat menerima pelecehan seksual dan fisik dari ayah tirinya. Selain itu, dia juga menerima pelecehan emosional yang diberikan ibunya.

5. BT, Buta Akibat Kepribadian Ganda

Tim peneliti dari Ludwig Maximilian University menunjukkan sebuah kasus unik yang mereka temukan pada seorang wanita pengidap DID.

Penemuan mengejutkan ini bermula kala pasien berinisial BT tersebut didiagnosis cortical blindness. Namun saat ditelusuri lebih jauh, tak ditemukan kerusakan fisik pada kedua matanya. 

Dokter yang menangani kasus BT lantas berhipotesa gangguan penglihatan itu dipicu oleh kerusakan pada otak. 

Untuk sekedar diketahui, BT pernah terlibat dalam insiden kecelakaan ketika berusia 20 tahun.

Setelah 13 tahun kecelakaan tersebut, BT dirujuk ke seorang psikoterapis. Dari sini ditemukan fakta dia punya kepribadian ganda. Tercatat ada 10 alter ego yang saling berebut untuk berkuasa.

Awalnya memang belum dapat ditemukan korelasi antara kebutaan dan kepribadian ganda yang dimiliki BT. Memasuki tahun ke-4 pengobatan, BT mengaku dapat melihat simbol berupa kata di sebuah sampul majalah.

Rupanya, saat itu kepribadian yang tengah muncul adalah seorang remaja laki-laki. Usai menjalani terapi beberapa waktu, 8 dari 10 kepribadian BT sudah mampu melihat.

 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kepribadian

Editor : Surya Rianto
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top