Berpelukan/Reuters
Relationship

5 Manfaat Pelukan yang Patut Anda Tahu

JIBI
Jumat, 8 Februari 2019 - 12:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Apa makna pelukan bagi Anda? Pelukan ternyata bukan hanya penting untuk mengungkapkan kasih sayang atau dukungan, tapi juga punya keajaiban untuk kesehatan. Itu sebabnya, dalam kondisi apa pun, entah itu senang, sedih, bahkan saat mati rasa pun, pelukan bisa sangat bermakna.

Virginia Satir, seorang penulis Amerika dan ahli terapi keluarga, pernah berkata bahwa seseorang membutuhkan empat pelukan sehari untuk bertahan hidup.

 Lalu, delapan pelukan sehari untuk pemeliharaan dan 12 pelukan sehari untuk pertumbuhan.

Menurut berbagai laporan, berpelukan selama lebih dari 20 detik memiliki efek terapi pada tubuh kita dan juga pikiran kita.

Penelitian lain membuktikan bahwa berpelukan dapat membuat Anda lebih sehat dan lebih bahagia. Nah, berikut 5 keajaiban pelukan yang perlu Anda ketahui.

1. Menghilangkan kesepian

Di era teknologi, sebagian besar orang hadir dalam bentuk ciuman virtual, emotikon, dan media sosial. Teknologi menjauhkan Anda dengan orang lain secara fisik. Mungkin Anda tak menyadari bahwa sebenarnya Anda kesepian. Dalam situasi ini, Anda membutuhkan pelukan agar merasa bahwa Anda tidak benar-benar kesepian. Menurut sejumlah laporan, pelukan dapat melepaskan oksitosin, yang juga dikenal sebagai hormon cinta.

2. Meringankan sakit

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Haifa Israel, pelukan memiliki efek membunuh rasa sakit yang sangat alami. Itu sebabnya, memeluk seseorang yang dekat dengan Anda, ketika sedang sakit, akan mengurangi rasa sakit. Jadi, lain kali jika ada orang yang Anda sayangi sedang kesakitan, cobalah memeluknya.

3. Mengurangi stres dan depresi

Hormon oksitosin yang dilepas saat berpelukan akan membantu Anda tetap bahagia. Secara otomatis ini juga akan mengurangi stress dan depresi. Menurut beberapa laporan, ketika Anda memeluk atau memegang lengan orang yang sedang mengalami tekanan, itu akan menurunkan produksi hormon stres yang dikenal sebagai kortisol.

4. Membuat jantung lebih sehat

Hormon stres atau kortisol juga diketahui meningkatkan tekanan darah yang pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung. Beberapa laporan dan penelitian menunjukkan fakta bahwa berpelukan secara teratur dapat menurunkan kadar kortisol secara drastis. Ini artinya, risiko penyakit jantung juga akan menurun.

5. Komukasi lebih baik

Ada kalanya Anda merasa tidak mampu berkata-kata. Tak tahu apa yang harus diucapkan tentang perasaan atau keinginan Anda ketika menghadapi situasi yang berat. Itulah saatnya pelukan menjadi sangat berguna. Pelukan menunjukkan bahwa Anda peduli, tanpa harus mengucapkan sepatah kata pun. Pelukan membantu Anda mengekspresikan berbagai emosi, entah itu empati, cinta, perhatian, dan bahkan ketakutan.   

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro