BAFTA 2019, Nominasi Sutradara Bohemian Rhapsody Ditangguhkan

British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) memutuskan untuk menangguhkan nominasi sutradara 'Bohemian Rhapsody', Bryan Singer, menyusul tuduhan pelecehan seksual yang tengah dihadapi Singer.
Denis Riantiza Meilanova | 08 Februari 2019 09:28 WIB
(Dari kiri) Ben Hardy, Roger Taylor, Rami Malek, Bryan May, Gwilym Lee, dan Joe Mazzello berfoto bersama dalam premier film Bohemian Rhapsody di London, Inggris, Selasa (23/10). - Reuters/Eddie Keogh

Bisnis.com, JAKARTA - British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) memutuskan untuk menangguhkan nominasi sutradara 'Bohemian Rhapsody', Bryan Singer, menyusul tuduhan pelecehan seksual yang tengah dihadapi Singer.

Nama Singer terdaftar bersama produser Graham King dan penulis skenario Anthony McCarten untuk nominasi film biopik Queen itu dalam kategori Outstanding British Film.

Melalui situsnya, BAFTA menyatakan telah menginformasikan kepada Singer terkait penangguhan nominasinya sehubungan dengan tuduhan yang sangat serius baru-baru ini.

“BAFTA menganggap bahwa perilaku yang dituduhkan sepenuhnya tidak dapat diterima dan tidak sesuai dengan nilai-nilai. Hal ini membuat nominasi Tuan Singer ditangguhkan," ujar BAFTA, dilansir dari Reuters, Jumat (8/2/2019).

BAFTA mengetahui bahwa Singer telah membantah tuduhan pelecehan seksual. Oleh karena itu, BAFTA menyatakan penangguhan nominasi Singer akan tetap berlaku sampai persoalan tuduhan tersebut terselesaikan.

Bulan lalu, majalah Amerika Serikat, The Atlantic, mempublikasikan sebuah artikel di mana empat pria menuduh Singer melakukan pelecehan seksual terhadap mereka yang masih di bawah umur.

Singer telah membantah tuduhan itu dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh majalah online Deadline bahwa artikel The Atlantic adalah "sepotong noda homofobia".

Kendati demikian, BAFTA menyatakan film Bohemian Rhapsody masih dinominasikan dalam kategori Outstanding British Film untuk upacara penghargaan yang akan berlangsung di London pada Minggu mendatang.

Adapun Singer tak sepenuhnya menyutradari Bohemian Rhapsody. Dia dipecat sebagai sutradara Bohemian Rhapsody pada akhir 2017. Saat itu, media memberitakan dipecatnya Singer disebabkan bentrokan di lokasi syuting.

Pada saat itu, Twentieth Century Fox menyatakan pembuatan film untuk sementara dihentikan dalam beberapa pekan terakhir produksi karena secara tak terduga Bryan Singer tidak bisa terlibat.

Sementara itu, Singer mengeluarkan pernyataan bahwa kontraknya diputus karena Twentieth Century Fox tidak mengizinkannya untuk rehat dari proyek tersebut dengan alasan faktor kesehatan dan orang tuanya.

Tag : film, film hollywood
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top