Health

Yogurt Bisa Perkuat Kekebalan Tubuh

M. Rochmad Purboyo
Senin, 11 Februari 2019 - 17:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Cuaca yang sering berubah seperti saat ini membuat tubuh mudah terserang penyakit, sehingga dibutuhkan peningkatan kekebalan daya tubuh. Salah satunya dengan mengkonsumsi yogurt.

Martin Natadipraja, seorang food consultant yang juga ahli nutrisi mengatakan bahwa kandungan dalam yogurt yang terdiri dari bakteri lactobascillus memiliki peran penting dalam turut menjaga nutrisi tubuh, sehingga kebal terhadap berbagai penyakit.

Selain itu, Martin juga mengungkapkan bakteri lactobascillus kini sudah berkembang, sehingga tak lagi identik dengan rasa asam, tapi bisa dikombinasikan rasanya dengan apa pun. “Kita pakai bakteri yoghurt yang lebih manis, jadi gak tabrakan dengan campuran rasa lain seperti kopi misalnya,” ujarnya dalam rilisnya Senin (11/2/2019).

Jika melirik pada nilai gizinya, yogurt meski dibuat beraneka rasa tetap menghasilkan nilai kesehatan yang tinggi. Martin mengatakan bahwa nilai gizi dari segelas yoghurt tetap terjaga. “Karena rasa manis bukan dari banyaknya gula, tetapi bakteri baik yang dipilih sudah dominan manis,” imbuhnya.

Emilia E Achmadi, ahli gizi lainnya menyebutkan yogurt merupakan camilan sehat yang baik untuk pencernaan. Selain banyak manfaatnya bagi kesehatan, minuman hasil fermentasi susu itu juga memberi khasiat kecantikan mulai dari melembutkan kulit, mengangkat sel kulit mati, hingga menyehatkan rambut.

Dia memerinci beberapa manfaat dari yogurt antara lain adalah dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe 2. Kedua, kandungan probiotiknya melindungi kita dari bahaya logam berat yang terdapat dalam polusi udara. Ketiga, asam laktat di dalam yoghurt berfungsi sebagai agen eksfoliasi kulit.

Yogurt juga berperan sebagai Eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati membantu untuk meremajakan kulit. Selain mengatasi kulit kusam, yogurt juga menjaga kelembutan dan elastisitas kulit. Kandungan protein di dalamnya mendorong produksi kolagen, yang berpengaruh pada elastisitas kulit.

Yogurt juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut atau (Depositphotos). Emilia menyebutkan, jika rambut mengalami kerontokan tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi yogurt dan menggunakannya sebagai masker rambut 10 menit sebelum keramas. Kandungan asam laktat dalam yogurt membantu untuk eksfoliasi dan mengangkat residu di kulit kepala. Sementara kandungan vitaminnya mencegah dan mengatasi beragam masalah rambut.

Direktur Utama PT. Prima Lakto Sehat Iwan Santoso, produsen minuman yogurt Yoforia menyebutkan minuman praktis ini cocok untuk kaum urban yang sangat sibuk, dalam berbagai kegiatan.

Yogurt memiliki banyak manfaat termasuk meredam penyebaran bakteri penyebab bau mulut. “Saat ini bagi masyarakat urban, sangat baik mengonsumsi 2-3 porsi yogurt dalam sehari dan dapat dijadikan sebagai teman sarapan, makan siang, atau sesudah makan malam,” sebutnya.

Menurutnya, produknya memiliki keunggulan dalam menciptakan berbagai varian rasa. Berdiri sejak 2016, Yoforia memiliki rasa-rasa menarik seperti coffe cream, berry smooth, dan peach delight. “Semua rasa punya keunikan masing-masing. Tidak terlalu asam di lidah, tekstur yang pas, dan aman di lambung.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro