Begini Strategi Manajemen Waktu yang Tepat

Bagi pekerja yang terbiasa dengan kesibukan yang tinggi, biasanya sangat kewalahan untuk mengatur waktu. Itulah sebabnya, orang-orang yang sibuk membutuhkan manajemen waktu yang tepat.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 11 Februari 2019  |  18:11 WIB
Begini Strategi Manajemen Waktu yang Tepat
Ilustrasi - Manajemen waktu - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi pekerja yang terbiasa dengan kesibukan yang tinggi, biasanya sangat kewalahan untuk mengatur waktu. Itulah sebabnya, orang-orang yang sibuk membutuhkan manajemen waktu yang tepat.

Sebetulnya, ada beberapa cara sederhana untuk mengatur waktu agar lebih efektif dan produktif, yakni:

1. Sediakan waktu untuk mengevaluasi

Jika Anda ingin mengontrol waktu dengan baik, Anda harus memahami aktivitas apa yang menghabiskan waktu Anda. Sebaiknya periksa kembali bagaimana penggunaan waktu yang selama ini Anda lakukan. Daftarkan mana aktivitas yang sebetulnya bermanfaat dan yang tidak bermanfaat dalam pekerjaan.

2. Atur tujuan

Anda harus memiliki visi dan tujuan yang jelas ketika mengatur waktu. Tujuan yang jelas akan menolong Anda untuk tidak kehilangan fokus dan tidak mudah terdistraksi. Anda hanya akan menggunakan waktu untuk aktivitas yang berkaitan dengan goals tersebut.

3. Delegasikan tugas

Kadang kala kita merasa bahwa hanya kita yang dapat melakukan sebuah tugas, sehingga kita membiarkan diri kita bekerja sendiri. Coba perhatikan, beberapa tugas sebenarnya bisa kita delegasikan kepada tim yang lain. Jangan segan untuk meminta bantuan orang lain apalagi jika Anda sudah kewalahan.

4. Buat prioritas

Dengan prioritas yang jelas, Anda tidak akan kehilangan fokus. Prioritas juga menghindarkan Anda dari kebiasaan menunda. Dengan membuat prioritas, Anda akan bekerja lebih teratur dan berkonsentrasi.

5. Lakukan yang paling penting terlebih dahulu

Strategi dalam mengatur waktu di kala sibuk adalah mengerjakan apa yang terpenting terlebih dulu. Anda tidak bisa melakukan segala sesuatunya secara bersamaan, karena itu pilih yang paling urgen dan penting. Perlu diingat, Anda tidak tercipta untuk multi task, karena itu kerjakan pekerjaan Anda satu persatu.

6. Ciptakan rutinitas setiap pagi

Jika pekerjaan Anda membutuhkan kesiapan mental dan fisik, mulailah mempersiapkan diri sejak pagi. Ciptakan rutinitas pagi yang membuat Anda termotivasi, fokus, dan penuh energi. Anda dapat menikmati pagi dengan sarapan sehat, membaca, meditasi, jalan pagi, dan apa saja yang membuat Anda dapat berpikir lebih jernih.

7. Memiliki prinsip waktu

Jika Anda ingin mengontrol waktu dengan lebih baik, sebaiknya atur waktu dengan jadwal tertentu. Misalnya Anda memilih bekerja dengan prinsip 60/60/30, yaitu Anda bekerja selama 50 menit, kemudian istirahat 10 menit dalam waktu dua jam. Nah sesudah bekerja, Anda bisa menggunakan waktu selama 30 menit untuk beristirahat dengan membaca buku, berjalan, meditasi, atau hal-hal yang menyenangkan lainnya.

8. Berikan waktu untuk diri sendiri

Setelah semua kesibukan yang Anda lakukan sepanjang hari, jangan lupa untuk memberi waktu untuk diri sendiri. Ambil waktu untuk libur atau cuti sejenak dari pekerjaan. Tujuan dari cuti adalah untuk mengembalikan energi dan motivasi dalam bekerja.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pekerja, Tips Kerja

Sumber : Life Hack

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top