Penyanyi hip hop Childish Gambino/Reuters-David McNew
Entertainment

GRAMMY AWARDS 2019: Musik Hip Hop Akhirnya Berjaya

Renat Sofie Andriani
Senin, 11 Februari 2019 - 16:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Musik hip hop akhirnya berjaya di ajang Grammy Awards 2019 yang telah berlangsung pada Minggu (10/2/2019) malam waktu setempat.

Dalam acara paling akbar untuk insan industri musik sejagat tersebut, lagu “This is America” lantunan Childish Gambino meraih Grammy untuk dua kategori paling bergengsi, record of the year dan song of the year.

Childish Gambino, nama panggung untuk aktor dan rapper Donald Glover, sekaligus menjadi artis hip hop pertama yang memenangkan penghargaan untuk kedua kategori itu.

Sayangnya, Gambino tidak menghadiri momen kemenangannya. Penghargaan itu diterima langsung oleh rekannya sesama penulis lagu yang berbicara lantang di atas panggung mengenai tonggak kemenangan genre musik yang didominasi seniman berkulit hitam.

“Rasanya seperti momen yang penting. Lagu ini berbicara kepada begitu banyak orang. Lagu ini berbicara tentang ketidakadilan, tentang merayakan hidup, menyatukan orang-orang pada saat yang bersamaan,” kata Ludwig Goransson, dilansir Bloomberg.

Tidak dijelaskan olehnya mengapa Glover tidak hadir, meskipun beredar rumor oleh sebagian pelaku industri musik sepanjang pekan kemarin tentang penolakan sejumlah musisi berkulit hitam untuk tampil dalam acara itu.

Hingga sebelum perhelatan malam Grammy kemarin, tidak ada satu pun artis hip hop yang pernah memenangi kategori song atau pun record of the year dalam hampir 60 tahun sejarah Grammy.

Kategori bergengsi lain yakni album of the year yang dimenangkan artis hip hop terjadi sekitar 15 tahun yang lalu ketika Outkast meraih Grammy pada 2004 untuk “Speakerboxxx/The Love Below”.

Tonggak sejarah yang dibuat musik hip hop pada Senin (11/2/2019) WIB ini seakan menjadi salah satu dari banyak upaya yang dilakukan The Recording Academy, organisasi yang menginduki Grammy, untuk memperbaiki kesalahannya di masa lalu.

The Recording Academy juga memberikan dua dari empat penghargaan kategori paling bergengsi untuk penampilan artis wanita, setahun setelah menerima kritik luas karena dipandang minim apresiasi untuk musisi wanita.

 Bintang pop Inggris Dua Lipa dinobatkan sebagai artis baru terbaik, dan penyanyi country Kacey Musgraves menyabet penghargaan album of the year untuk "Golden Hour”. Cardi B juga menjadi artis wanita solo pertama yang memenangkan kategori rap album of the year.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro