Bersepeda bermanfaat untuk kesehatan./Istimewa
Health

Benarkah Bersepeda Ancam Kehidupan Seks Pria?

JIBI
Kamis, 14 Februari 2019 - 07:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bersepeda menjadi tren di kalangan masyarakat perkotaan. Alasannya banyak, selain aspek kesehatan, sisi rekreasi pun bisa didapat dari olahraga ini. Bersepeda dapat membakar kalori, menurunkan berat badan, mengecilkan perut buncit, atau merampingkan lingkar pinggang. Tapi ada anggapan bahwa aktivitas ini bisa mengancam kehidupan seks para pria. Benarkah? 

Anggapan ini berawal dari pengakuan besar dibuat seorang kolumnis majalah Bicycling, Ed Pevelka, beberapa tahun lalu terkait dengan kegiatannya bersepeda. 

Pevelka mengakui menderita disfungsi ereksi akibat kegemarannya bersepeda. Dia menuliskan,"Hasil tes menyatakan aliran darah menuju ke penis saya sangat sedikit, akibatnya alat kelamin saya tidak mampu berereksi dengan kuat untuk bisa melakukan hubungan seks."

Keyakinan Pevelka, bersepeda menimbulkan masalah pada alat kelaminnya, didukung sejumlah fakta medis yang diungkapkan Irwin Goldstein, MD, seorang spesialis yang menangani masalah-masalah disfungsi ereksi di Boston University Medical Center.

Goldstein, yang pasiennya kebanyakan mengalami gangguan ereksi, beberapa di antaranya para penggemar olahraga bersepeda, tergerak melakukan studi di Boston University Medical Center, untuk menguji hubungan antara bersepeda dan gangguan ereksi.

Hasil risetnya menunjukkan, atlet olahraga bersepeda atau para penggemar fanatik olahraga bersepeda, berisiko menderita gangguan ereksi ketimbang atlet atau laki-laki yang tidak melakukan olahraga ini. Para pengendara sepeda tersebut umumnya mengeluh: Mengalami masalah ketika buang air kecil, gangguan ereksi, dan mati rasa di sekitar pangkal paha.

Dikutip dari Health Line, bersepeda dalam jangka waktu lama bisa berbahaya karena jok sepeda menekan perinium, yaitu area yang membentang antara anus dan penis. Perineum diisi dengan arteri dan saraf yang memasok darah yang kaya oksigen dan sensasi pada penis.

Ketika pria mengalami ereksi, impuls saraf dari otak mengirimkan pesan gairah ke penis. Sinyal saraf ini memungkinkan pembuluh darah untuk rileks, meningkatkan aliran darah melalui arteri ke penis. Setiap masalah dengan saraf, pembuluh darah, atau keduanya dapat membuat pria tidak dapat ereksi. Ini disebut disfungsi ereksi.

Tapi dampak bersepeda dalam waktu lama terhadap kehidupan seks pria masih terus diteliti. Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Men's Health menemukan bahwa bersepeda tidak menimbulkan ancaman serius disfungsi ereksi atau infertilitas. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro