Go Food Festival di Gelora Bung Karno, Jakarta./Antara
Fashion

GoFood dan GoPay Populer di Gadget Milenial

Dinda Wulandari
Selasa, 19 Februari 2019 - 11:26
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG — Layanan aplikasi online berbasis transportasi, Gojek melalui layanan Go-Food memimpin layanan pesan antar makanan secara online di kalangan anak muda milenial Indonesia.

Berdasarkan riset IDN Times, dominasi dari produk aplikasi karya Indonesia itu jauh melampaui salah satu pesaingnya asal Malaysia yaitu GrabFood.

Mengutip hasil riset yang melibatkan 258 responden di enam kota besar Indonesia, Go-Food mendominasi dengan angka mencapai 74,8%. Angka tersebut menjawab pertanyaan tentang aplikasi pesan antar apa yang paling sering dipakai. Posisi tersebut jauh di atas Grabfood yang hanya berada di tingkat 20,9%. Sisanya adalah milik layanan delivery dari outlet dengan angka sebesar 3,1%.

Faktor yang menjadikan Go-Food sebagai aplikasi pesan antar itu unggul di kalangan anak muda didasarkan pada brand identity yang lebih familiar, terutama jika dibandingkan dengan Grabfood.

"Kan dia (Go-Food) yang paling duluan merilis layanan pesan antar makanan," ujar Nurul Triadanti, salah satu responden dalam riset.

Seperti diketahui, sejak diluncurkan pada 2015, keberadaan aplikasi Go-Food telah merambah ke 204 kota dan kabupaten di Indonesia hingga saat ini. Pertumbuhan transaksi Go-Food tertinggi bahkan telah bergeser dari kawasan ibu kota ke kota kecil, di antaranya Sukabumi, Samarinda, Balikpapan, Padang, dan Cirebon.

Tak hanya itu, Go-Food juga telah berekspansi ke 204 kota dan kabupaten di Indonesia dan Asia Tenggara. Sementara aplikasi pesan antar asal Malaysia, GrabFood saat ini baru hadir di 178 kota di Indonesia dan di beberapa negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Selain persaingan bisnis, dalam riset IDN Times juga didapati fakta bahwa dalam sepekan kaum milenial Indonesia paling sedikit menghabiskan bujet Rp50.000 sampai dengan Rp150.000 per individu untuk memesan makanan via aplikasi pesan antar.

"Sebanyak 44,2% dari mereka masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa yang justru belum memiliki penghasilan sendiri," tulis riset tersebut.

Bukan hanya Go-Food, lembaga riset independen asal Singapura FT Confidential Research pada akhir 2018 juga melansir aplikasi pembayaran digital, Go-Pay, sebagai platform pembayaran nontunai paling populer di Indonesia.

Go-Pay yang juga bagian dari ekosistem Gojek dicatat popularitasnya mencapai hampir 75%. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan OVO milik grup Lippo yang terdapat pada aplikasi Grab dengan angka sebanyak 42%.

"Survei kami menjelaskan bahwa Go-Pay digunakan oleh hampir tiga perempat pengguna pembayaran seluler di tiga bulan hingga akhir September [2018], naik sedikit dari periode yang sama tahun sebelumnya," tulis analis FT Confidential Research, Andi Haswidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro