Sumber: Durian
Health

Ini 9 Manfaat Durian, Salah Satunya Turunkan Risiko Depresi

Eva Rianti
Kamis, 21 Februari 2019 - 01:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Durian, buah yang identik dengan duri dan aroma yang khas ini tak hanya enak disantap, namun juga mengandung khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, dalam 100 gram durian ada sekitar 27 gram karbohidrat, 1,5 gram protein, 4 gram serat, 5 gram lemak, vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C sebanyak 20 mg, dan fosfor 29 mg, magnesium 30 mg. Kandungan-kandungan ini dikemas dengan kemanfaatan yang banyak bagi kesehatan.

Berikut ini dijabarkan lebih rinci sembilan manfaat buah durian bagi kesehatan, seperti dilansir dari Boldsky, baru-baru ini. 

Menginduksi tidur dan menurunkan depresi

Menurut World Journal Of Pharmaceutical Research, buah durian mengandung asam amino bernama tryptophan. Ini adalah senyawa penginduksi tidur alami yang memetabolisasikan hormon melatonin dan serotonin. Melatonin terlibat dalam siklus tidur-bangun dan serotonin terlibat dalam mempromosikan tidur, suasana hati, dan kognisi. Ini menurunkan risiko depresi dan stres.

Menjaga tekanan darah

Di antara senyawa bioaktif dalam buah durian adalah senyawa yang mengandung belerang seperti ethanethiol dan turunan disulfida dan kandungan gula yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Buah durian membantu menjaga tingkat tekanan darah karena adanya senyawa ini.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu sehat yang mengonsumsi buah durian memiliki tingkat tekanan darah yang stabil.

Menstabilkan gula darah

Dalam sebuah studi kecil, buah durian telah terbukti meningkatkan homeostasis glukosa dengan mengubah sekresi insulin dan aksinya pada 10 pasien diabetes. Mereka mengkonsumsi buah dan mengalami peningkatan kadar insulin yang signifikan.

Meningkatkan energi

Karena buah durian tinggi karbohidrat, mengkonsumsinya akan membantu mengisi kembali tingkat energi yang hilang. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu untuk dicerna, memicu kontraksi otot yang memberi tubuh Anda energi yang tahan lama. Jadi, makan buah durian akan memberi Anda energi dan mengurangi kelelahan dan keletihan.

Membantu pencernaan

Buah ini merupakan sumber serat yang baik yang memainkan peran penting dalam kesehatan pencernaan. Sel-sel usus besar menggunakan serat sebagai bahan bakar yang membantu menjaga mereka tetap sehat. Serat juga menjaga saluran pencernaan Anda dengan menambahkan kotoran ke tinja dan menjaga buang air besar secara teratur.

Mengurangi rasa sakit

Ekstrak cangkang durian diketahui mengandung obat penghilang rasa sakit dan antibiotik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Southern Medical University, ekstrak cangkang durian dapat membantu meredakan batuk karena sifat penghilang rasa sakit dan antibiotik.

Meningkatkan pertumbuhan sel darah merah

Buah durian merupakan sumber asam folat dan zat besi yang baik. Mineral-mineral ini membantu produksi hemoglobin. Asam folat diperlukan untuk pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah, sementara zat besi diperlukan untuk produksi hemoglobin, protein yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke sel dan organ lain.

Mempromosikan tulang yang sehat

Karena buah durian merupakan sumber kalsium dan fosfor yang baik, buah ini bekerja secara kolaboratif untuk membangun tulang. Untuk kesehatan tulang, jumlah yang tepat dari mineral ini diperlukan. Menurut American Bone Health, 85% fosfor tubuh hadir dalam tulang sebagai kalsium fosfat.

Mengobati infertilitas pada PCOS

Polycystic ovarian syndrome (PCOS) adalah kondisi hormonal yang mengganggu sistem reproduksi sehingga menyebabkan infertilitas. Ketidakseimbangan hormon seks wanita mencegah perkembangan dan pelepasan sel telur yang matang. Ini mempengaruhi ovulasi dan kehamilan.

Sebuah penelitian telah menunjukkan potensi penggunaan buah durian dalam mengobati infertilitas pada PCOS, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan kemampuannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro