Ilustrasi/Artisanfoodandlaw
Health

Manfaat Sereal untuk Kesehatan

Tika Anggreni Purba
Rabu, 27 Februari 2019 - 12:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Serealia merupakan biji-bijian yang mengandung berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Makanan sereal telah banyak dikonsumsi sebagai sumber energi di seluruh dunia. Popularitasnya meningkat, karena sereal mengandung serat, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Sereal juga diklaim tidak menimbulkan respons glikemik yang cepat seperti karbohidrat kompleks lainnya. Semakin banyak biji-bijian yang digunakan dalam sebuah produk sereal, semakin tinggi pula tingkat nutrisi yang dikonsumsi.

Dalam jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh National Center of Biotechnology Information United Stated National Library of Medicine bertajuk Improving Cereal Grain Carbohydrates for Diet and Health 2014 disebutkan bahwa serat yang terkandung pada sereal terbukti bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat kesehatan pada sereal berbahan gandum misalnya, turut membantu dalam mengurangi risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan kanker kolorektal.

Kandungan karbohidrat pada sereal dimanfaatkan sebagai sumber energi utama pada manusia dan memegang peran penting dalam metabolisme energi.

Sereal merupakan sumber karbohidrat yang mudah dicerna dan diserap usus kecil sehingga tidak menimbulkan dampak signifikan pada peningkatan kadar gula darah.

Hal ini karena makanan kaya serat pada umumnya memiliki indeks glikemik rendah.  Artinya konsumsi serat tidak menimbulkan pelonjakan tinggi kadar gula dalam darah.

Selain itu, bagi Anda yang ingin menjaga berat badan seimbang, alangkah cocok mengonsumsi sereal.

Kebutuhan serat merupakan hal penting yang harus dicukupi, dan itu bisa ditemukan dalam produk sereal yang memiliki nilai gizi yang baik. Jadi, Anda juga sebaiknya memilih produk sereal yang kandungan gizinya terlampir di kemasan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro