Ilustrasi./Bisnis
Health

Aktor Luke Perry Kena Stroke, Ini Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi

JIBI
Sabtu, 2 Maret 2019 - 08:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kabar tak menyenangkan datang dari Luke Perry. Aktor yang dikenal lewat serial Beverly Hills 90210 itu dikabarkan tengah berada di rumah sakit di Los Angeles, AS karena stroke.

TMZ melaporkan Perry dijemput oleh ambulans setelah menghubungi 911 dan meminta bantuan, Kamis (28/2/2019) waktu setempat.

Stroke bukan lagi penyakit "orang tua" dan bisa menyerang siapa saja. Namun, bukan berarti kondisi ini tidak bisa diatasi. 

Ada sejumlah makanan yang bisa membantu pemulihan stroke maupun mencegahnya. Makanan yang kita makan memang memengaruhi kondisi risiko stroke, seperti obesitas, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. 

Sementara itu, pasien stroke terkadang bisa mengalami berkurangnya nafsu makan, kesulitan menelan, maupun pelemahan otot dan sensasi tumpul di tangan atau lengan.

Seperti dilansir Cbslocal dan Flintrehab, ada berbagai jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita stroke, yaitu:

1. Ganti garam dengan bumbu masak lain

Makanan yang beraroma kuat dapat membantu merangsang selera makan. Gantilah garam dengan bumbu masakan seperti bawang putih atau cabe rawit yang dapat meningkatkan tekanan darah dan juga retensi air.

2. Minyak zaitun

Penderita stroke mesti mengurangi asupan lemak dan menghindari lemak trans. Minyak zaitun yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan seperti vitamin E bisa menjadi pilihan utama.

3. Protein rendah lemak

Asupan daging merah mesti diperhatikan kembali. Protein rendah lemak juga lebih baik daripada daging merah. Anda bisa mengonsumsi ikan dengan kandungan omega-3 dan vitamin B yang tinggi seperti salmon liar atau ayam organik dan tahu. 

4. Sayuran

Sayuran adalah jenis makanan yang wajib dikonsumsi siapapun karena mengandung berbagai macam vitamin, mineral, serat, dan kalsium. Jika mengalami kesulitan menelan, sayuran bisa direbus terlebih dulu. Sayuran seperti wortel, bit, dan lobak pun baik untuk tubuh. 

5. Buah

Pilihlah buah yang segar dan, jika memungkinkan, yang organik. Pisang misalnya, kaya akan kalium sehingga menjadi pilihan yang sangat baik untuk menambah nutrisi bagi tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro