Susu rendah lemak/Istimewa
Health

5 Makanan Ini Dapat Membantu Turunkan Tekanan Darah

Eva Rianti
Kamis, 7 Maret 2019 - 23:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jika Anda terdeteksi memiliki tekanan darah tinggi, ada baiknya Anda beralih mengonsumsi makanan-makanan yang bisa menurunkan tekanan darah.

Pasalnya, jika tidak diantisipasi dengan makanan-makanan penurun tekanan darah, Anda bisa berpotensi mengalami penyakit-penyakit lainnya yang lebih fatal, seperti serangan jantung.

Berikut ini lima makanan yang dapat mendorong turunnya tekanan darah yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda, seperti dilansir dari Medicaldaily, baru-baru ini.

Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung kalium yang dapat membantu menghilangkan lebih banyak natrium dari tubuh. Ini adalah kandungan yang dapat mengurangi tekanan darah.

Ada beberapa opsi sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi, diantaranya kangkung, bayam, selada romaine, dan lobak hijau.

Berry

Berry bagus untuk Anda karena mengandung oksida nitrat yang dapat memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung. Sarah A. Johnson, seorang peneliti Universitas Negeri Florida, secara khusus merekomendasikan blueberry.

“Ada sesuatu yang sangat istimewa tentang komposisi blueberry yang bertanggung jawab atas efeknya pada tekanan darah. Buah-buahan dan ekstrak tanaman lain belum menghasilkan hasil yang sama,” tuturnya.

Susu

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi produk susu rendah lemak dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalsium mungkin berperan di sini, kata para peneliti, meskipun manfaatnya hanya dikaitkan dengan konsumsi susu dan bukan suplemen kalsium.

Meskipun susu rendah lemak adalah pilihan, Anda juga bisa mempertimbangkan yogurt. Wanita yang makan lima porsi atau lebih per minggu sebagai bagian dari penelitian ditemukan memiliki penurunan 20% dalam risiko terkena tekanan darah tinggi.

Ikan salmon

American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan berlemak dua kali seminggu. Penelitian telah menemukan bahwa kandungan omega-3 yang tinggi dapat berperan dalam menurunkan tekanan darah dan menargetkan peradangan dalam tubuh.

Cokelat

Mengonsumsi cokelat yang kaya akan flavonoid –biasanya ditemukan pada dark chocolate– ternyata dapat membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan flavonoid dalam dark chocolate berhubungan dengan pembentukan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah, hasilnya dapat menurunkan tekanan darah.

Untuk menghindari kenaikan berat badan yang tidak sehat, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi kurang dari satu ons per hari. Selain itu, pastikan untuk membeli yang mengandung setidaknya 70% kakao.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro