Pegawai Sneaklin Lagoon Bekasi, Juliantono, bersiap membersihkan sejumlah sepatu pelanggannya. Konsumen perawatan sepatu di Bekasi kian bertambah jumlahnya selama musim hujan 2019./Antara
Relationship

Tips Merawat Sepatu saat Musim Hujan

Newswire
Sabtu, 16 Maret 2019 - 10:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga sepatu tetap bersih saat hujan bisa jadi merupakan sesuatu yang sulit diwujudkan, sebab percikan lumpur yang menempel di sepatu akan sulit dihilangkan.

Hanya saja, urusan membersihkan sepatu nyatanya tidak bisa sembarangan, karena jika salah perlakuan, sepatu kesayangan bukannya menjadi bersih, justru malah rusak.

"Kenapa sepatu perlu perlakuan khusus, karena bahan material sepatu tentunya berbeda satu sama lain. Jadi sudah pasti perlakuannya pun berbeda," ucap pegawai laundry sepatu Sneaklin Lagoon, Juliantono di Bekasi, Jumat (15/3/2019).

Misalnya, ada sepatu yang berbahan suede, canvas, mesh, dan lainnya. Masing-masing material tersebut memiliki karakeristik sendiri dan tidak bisa disamakan satu sama lain.

"Sementara kebanyakan orang biasanya mencuci sendiri sepatunya di rumah dengan cara cuci basah. Cara ini tidak bisa dilakukan untuk semua sepatu karena justru bisa merusaknya," tutur Juliantono.

Juliantono mencontohkan, untuk sepatu berbahan suede yang merupakan jaringan kulit tertipis pada hewan ternak tidak memerlukan metode pencucian basah, karena hanya akan membuat material lembutnya menjadi kaku dan lama-lama keras.

Contoh lainnya adalah bahan boost pada sepatu Adidas yang serupa busa. Bila disikat dengan detergen, biasanya akan meninggalkan bercak-bercak kekuningan bekas lem di pinggirannya. Metode pencucian basah hanya akan membuat noda kuning itu semakin melebar.

Tips membersihkan bahan sepatu berbahan suede bisa dilakukan dengan cara sederhana, salah satunya cuka putih yang diteteskan ke bahan suede dan diusap perlahan dengan handuk halus hingga noda hilang.

Untuk sepatu berbahan mesh yang memiliki ciri serupa jaring sangat rentan mengalami kerusakan pada bagian lem perekat sol bila tercampur air dan detergen.

"Jadi sebelum memutuskan mencuci sendiri sepatu di rumah, baiknya mengenali kadar kekotoran sepatu lalu juga paham perlakuan yang harus dilakukan," ujar Juliantono.

Jika dirasa sulit, kini sudah banyak jasa pencucian sepatu yang hadir di kota-kota besar.

"Kami memperlakukan sepatu sesuai karakteristik materialnya. Penanganan pun dilakukan dengan bahan yang tidak akan merusak sepatu," tambahnya.

Harga yang dibanderol pada Sneaklin berkisar antara Rp75 ribu hingga Rp125 ribu tergantung jenis materialnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro