Fashion

Upaya Agar Desainer Lokal Tetap Eksis

Asteria Desi Kartika Sari
Sabtu, 23 Maret 2019 - 14:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Sesuai dengan spirit yang diusung dari negara asalnya, Galeries Lafayette terus mendorong para desainer Indonesia untuk mengembangkan karyanya dan tetap eksis.

Tahun ini, melalui IFF dan Galerie Lafayette telah memilih beberapa label fesyen lokal seperti Maryelle. Sav Lavin, Natalia Kiantoro, Saul, Kuro, Sayee, Rani Hatta, Ella & Glo, Ellyhan Jewelry, dan Purana.

Dia mengatakan sebelumnya Fashion Lab telah berhasil melambungkan banyak nama label fesyen lokal. Melalui program tesebut para desainer diajak untuk menjajal pengalaman serta mengatur strategi dalam menghadapi bisnis retail.

Kesempatan tersebut diberikan mulai dari 18 Maret hingga 30 April 2019 di Galeries Lafayette Pasific Place. Hasil penjualan dari Fashion Lab ini nantinya juga akan dimanfaatkan kembali dalam program IFF untuk mengembangkan kapasitas desainer yang berada dalam program IFF.

Mereka terpilih karena memiliki identitas kuat yang didukung dengan desain yang cantik dan modern. Sehingga dapat menjadi alternatif pilihan mode di Indonesia. Label-label Indonesia tersebut menhadirkan koleksi ready to wear serta aksesori seperti sepatu dan tas.

Dari segi kualitas, label tersebut menggunakan material terbaik, serta diproduksi secara sustainable dengan menggunakan tenaga kerja lokal. Marketing Direktur PT Panen Lestari Internusa Arnolda Ratnawati Sidarta menambahkan Galeries Lafayette hadir di Indonesia ingin ikut andil memajukan industri fesyen Indonesia.

Apalagi menurut data Outlook Ekonomi Kreatif 2017 yang diterbitkan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), subsektor fesyen merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif (ekraf) dengan nilai pendapatan terbesar senilai Rp166 triliun atau berkontribusi sebesar 18,01% terhadap PDB Ekraf.

Secara umum, nilai ekspor produk fesyen Indonesia pada 2015 mencapai US$ 10,90 miliar, meningkat sebesar 1,84% dibandingkan dengan ekspor pada 2014 dan memberikan kontribusi sebesar 54,54% terhadap total nilai ekspor sektor ekraf. Nilai tersebut menjadikan sub sektor fesyen sebagai salah satu industri yang sangat penting bagi ekonomi kreatif.

Negara tujuan ekspor terbesar produk fesyen Indonesia adalah Amerika Serikat dengan nilai sebesar US$ 4,72 miliar, lalu di posisi kedua dan ketiga berturut-turut adalah Jepang dengan nilai ekspor US$ 943,6 juta, dan Jerman dengan nilai ekspor US$ 701 juta. Komoditas terbesar produk fesyen ke Amerika Serikat berasal dari industri pakaian jadi dari tekstil.

Salah satu platform yang dapat diberikan adalah menggandeng para desainer lokal berbakat untuk menghadirkan koleksinya di Galeries Lafayette, sehingga dapat dinikmati oleh pelanggan setia dan pecinta mode Indonesia.

“Kami juga memberikan exposure bagi para desainer Indonesia untuk dapat tampil di kancah internasional. Ajang tahunan ini juga kami adakan sebagai pemicu semangat para desainer muda agar dapat menghadirkan karya terbaik,” jelasnya.

Kuro, meruapakan salah satu brand lokal yang mendapat kesempatan menjajal pasar di Galeries Lafayette. CMO Kuro Felisia mengaku dengan kesempatan tersebut, dia berharap Galeries Lafayette dapat terus mendorong brand lokal untuk ikut berkembang. “Kami masih perlu dukungan apalagi di Galeries Lafayette sangat banyak brandnya. Harapnnya dapat terus dicanangkan tidak hanya offline tapi juga online,” kata Felisia.

Menurutnya, salah satu tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan produk lokal adalah branding. Apalagi persaingan dengan brand internasional juga sangat ketat. Menurutnya, awareness akan adanya label lokal dalam Galeries Lafayette masih sangat minim.

Selama ini, masih banyak yang menganggap pasar ritel tersebut adalah brand internasional. Dengan adanya Fashion Lab tesebut, kini label lokal dapat bersanding dengan brand internasional, dan dapat membuktikan kualitas yang tidak berbeda.“Apalagi standar kualitas kami sudah tidak kalah dengan brand internasional,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro