Pekerja merakit kotak suara pemilu berbahan baku karton di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (1/2/2019)./ANTARA-Prasetia Fauzani
Relationship

17 Tips Sukses Manfaatkan Media Sosial Untuk Caleg

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 23 Maret 2019 - 08:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemilu 2019 berbeda dengan Pemilu 2014 karena bersamaan dengan Pilpres, sehingga konten media, percakapan di medsos maupun di darat lebih banyak tentang Pilpres.

Faktor debat Pilpres, pengumuman berbagai survei, gerakan darat, aktivitas akun medsos Jokowi, Maruf Amin, Prabowo, Sandiaga Uno beserta tim keduanya ikut mengurangi pembicaraan warga tentang siapa saja Caleg di daerah mereka yang pantas dipilih.

Pengamat media sosial dari Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi), Hariqo Wibawa Satria mengatakan, banyak masyarakat menyebutkan terserahlah siapapun calegnya yang penting presidennya sesuai pilihan mereka. Ini tentu berbahaya karena legislatif sangat penting dalam sistem demokrasi. Namun, ungkapan itu dapat dilihat sebagai ekspresi kebingungan masyarakat untuk memilih sosok yang tepat di antara ribuan nama Caleg.

“Sejak ada Indonesia, inilah pertama kali kita mengadakan pemilihan serentak atau Pemilu lima kotak seperti ini. Sebab itu wajar jika ada Caleg atau Parpol yang kebingungan menentukan strategi komunikasi untuk mengenalkan Calegnya,” kata Direktur Eksekutif Komunikonten, Hariqo Wibawa Satria dalam siaran persnya.

“Data Google Consumer tahun 2017 menunjukan 89 persen orang Indonesia mengakes internet lewat smartphone. Karenanya, jalan terbaik untuk menghadirkan Caleg di telepon genggam setiap pemilih adalah dengan mengelola media sosial dengan efektif,” lanjut Hariqo.

“Waktu Pilpres dan Pileg yang bersamaan ini sesungguhnya menjadi tantangan bagi para Caleg dalam memasarkan diri dan visi-misinya kepada masyarakat. Para Caleg tidak cukup hanya kerja keras, tapi juga harus kerja cerdas,” tambah Direktur Konten Komunikonten, M. Samsul Arifin.

Untuk itu, komunikonten merumuskan 17 sukses memanfaatkan media sosial untuk para caleg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

1 dari 6 halaman
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro