Petugas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) menyuntikan vaksin rabies ke anjing peliharaan milik warga di kawasan Mangga Dua Selatan, Jakarta, Selasa (8/1/2019)./ANTARA FOTO-Muhammad Adimaja
Fashion

Tips Aman Hidup Bersama Hewan Peliharaan Anjing

Denis Riantiza Meilanova
Selasa, 2 April 2019 - 12:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat memutuskan memelihara anjing, Anda harus memastikan kesehatan anjing benar-benar terjaga dengan baik. Hal ini untuk mengantisipasi risiko penularan penyakit dari anjing kesayangan Anda.

Dokter hewan Elvinkan Ruth dari Klinik Hewan Snips&Snaps mengatakan, hidup bersama atau bahkan sering tidur bersama anjing tidak menjadi persoalan kesehatan bagi manusia, asalkan kesehatan anjing terjamin. Salah satu cara untuk memastikan anjing dalam keadaan sehat adalah melalui vaksinasi.

"Sebelum pelihara kita harus tahu dulu kebutuhan anjing, salah satunya kesehatan dengan cara vaksinasi secara rutin. Vaksinasi bisa melindungi dari penyakit yang disebabkan virus, kalau dari liur anjing itu biasanya bisa [tularkan] virus," ujar Elvinkan ditemui di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Pemberian vaksin kepada anjing disesuaikan dengan umur anjing yang dipelihara. Pada tahap pertama, vaksinasi diberikan ketika anjing berusia 1,5-2 bulan. Jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin DHPP yang mencegah penyakit distemper, hepatitis, parvovirus, dan parainfluenza.

Satu bulan berikutnya, yakni memasuki usia 3-4 bulan, anjing diberikan vaksinasi lanjutan yang sama dengan vaksin tahap pertama dan dilengkapi dengan leptospirosis. Selanjutnya, dilanjutkan dengan pemberian vaksin tahap pertama dan ditambah dengan vaksin rabies.

"Kemudian tiap 1 tahun sekali vaksinasi itu diulang, bisa rabiesnya saja, bisa yang DHPP. Pengulangan setahun sekali dilakukan secara terus-menerus sepanjang hidup si anjing," kata Elvinkan.

"Kalau sudah divaksinasi dia terlindungi, jadi lebih aman sih hidup bersama-sama dengan manusia."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro