Meghan Markle/Instagram
Entertainment

Anggota Baru Kerajaan Inggris & Implikasi Politis Meghan Markle

Reni Lestari
Rabu, 10 April 2019 - 20:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bayi pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle, yang akan lahir pada musim semi nanti hampir dipastikan memperpanjang tradisi kontroversial anggota Kerajaan Inggris.

Markle yang sedang hamil, berbicara pada Maret lalu di panel Hari Perempuan Internasional di King’s College, London, membahas kemungkinan bahwa anaknya akan tumbuh belajar kesetaraan gender.

"Saya telah melihat film dokumenter di Netflix tentang feminisme dan salah satu hal yang mereka katakan selama kehamilan adalah saya merasakan embrio feminisme," kata Markle pada Rabu (20/4/2019).

Sebelumnya diketahui bahwa Meghan Markle menggunakan selebritasnya untuk mendukung Hillary Clinton dalam pemilihan presiden 2016 dan menyerang Donald Trump sebagai “misoginis” dan “pemecah belah.”

Aktris kelahiran Los Angeles, AS, ini telah bekerja sebagai duta besar Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Wanita dan badan amal World Vision. Namun, mengomentari politik internasional dapat membuatnya bermasalah dengan keluarga kerajaan.

Salah Secara Politik

Keluarga kerajaan selama bertahun-tahun telah mendukung amal dengan tujuan sosial, dan Ratu Elizabeth telah menjadi pelindung atau presiden lebih dari 600 di antaranya, mulai dari kelompok satwa liar dan badan olahraga hingga organisasi militer.

Namun para bangsawan diharapkan menjauhi politik, meskipun ada sejarah panjang kesalahan secara politis. Misalnya, Harry harus meminta maaf pada Januari 2009 setelah sebuah koran menerbitkan cuplikan video yang menunjukkan dia merujuk pada kawan-kawan tentara Asia dengan bahasa yang merendahkan. Harry juga dipermalukan karena mengenakan seragam Nazi di pesta kostum, kejanggalan yang memicu kemarahan global.

"Tidak ada masalah dengan Meghan berbicara tentang masalah feminisme, keadilan sosial dan kesetaraan, tetapi jika dia mulai mendapatkan politik dia akan berada di air panas," kata Katie Nicholl, penulis buku "Harry: Life, Loss, and Love."

 Sementara itu, Harry dan kakak laki-lakinya William mengikuti jejak ibu mereka, Diana, yang banyak menangani pasien AIDS dan HIV yang mendapat perhatian global.

Pada 2017, para pangeran memimpin kampanye untuk menghapus stigma penyakit kesehatan mental dan berbicara tentang perjuangan pribadi mereka setelah kematian sang ibu dalam kecelakaan mobil di Paris pada 1997.

The Royal Foundation, yang dijalankan oleh para pangeran dengan istri mereka, bertujuan untuk memerangi cyberbullying, dan mendukung konservasi satwa liar, militer dan penyebab lainnya.

Bahkan awal dari romansa Meghan dan Harry berakar pada tujuan sosial. Mereka menyelinap ke Botswana tak lama setelah mereka mulai berkencan pada Juli 2016 dalam apa yang digambarkan Harry sebagai peluang "penting" untuk saling mengenal.

Harry, yang pertama kali mengunjungi negara Afrika selatan ketika dia berusia 13 tahun, 2 bulan setelah kematian ibunya, adalah pelindung dari Konservasi Badak Botswana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro