Siswi menggunakan gawai saat mengerjakan soal UASBN 2019 di SMA Negeri 9 Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (18/3/2019). SMA Negeri 9 Kota Bandung tersebut mulai menerapkan penggunaan teknologi smart router dalam pelaksanaan UASBN./ANTARA-Novrian Arbi
Fashion

Awas, Jangan Simpan Ponsel Anda di 3 Tempat Berikut

JIBI
Jumat, 19 April 2019 - 09:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa yang saat ini tidak memiliki ponsel? Saat ini,  ponsel sudah jadi salah satu barang wajib yang dimiliki hampir semua orang dan selalu dibawa ke berbagai tempat.

Sayangnya, kebiasaan membawa telepon genggam yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan Anda.

Menurut Devra Lee Davis, Direktur Environmental Studies and Toxicology di National Academy of Science Amerika Serikat, radiasi gawai dapat menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan. “Paparan radiasi ponsel terbukti memiliki keterkaitan dengan gangguan tidur, jumlah sperma yang rendah hingga tumor,” katanya seperti yang dilansir dari News Medical.

Itu sebabnya, ada baiknya untuk meletakkan gawai di tempat yang benar. Berikut 3 tempat yang sebaiknya dihindari untuk meletakkan ponsel.

1. Bawah bantal

Ada banyak orang yang memiliki kebiasaan meletakkan ponsel di bawah bantal. Biasanya hal itu mereka lakukan supaya mereka bisa mendengar alarm di pagi hari. Namun ternyata, kebiasaan ini dapat memicu panas dan meningkatkan risiko kebakaran. Lebih dari itu, lampu LED pada ponsel juga dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Jadi, hindari menyimpan ponsel di bawah bantal.

2. Kamar mandi

Bagi Anda yang hobi membawa ponsel ke dalam kamar mandi saat buang air besar, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang. Pasalnya, hal itu akan meningkatkan bakteri pada permukaan ponsel.

Dan nantinya, bakteri itu akan hinggap di wajah atau tangan Anda ketika Anda sedang menggunakan ponsel tersebut kembali. “Jika kekebalan tubuh tidak baik, bakteri ini akan membahayakan seperti diare dan penyakit lainnya,” katanya.

3. Saku celana

Selain dua tempat di atas, sebaiknya Anda juga tidak menyimpan ponsel di saku celana. Lilly Friedman, MD, seorang ahli chiropractor dan terapis mengungkapkan bahwa radiasi ponsel yang disimpan di celana bisa meningkat hingga berkali lipat. Apalagi jika Anda menyimpannya dalam keadaan aktif. “Jika dilakukan terus-menerus, kebiasaan ini akan memicu pertumbuhan tumor serta menurunkan kesuburan pria,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro