Warga memilih makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil Benhil, Jakarta, Sabtu (27/5)./Antara-Wahyu Putro A
Health

Ternyata, Ini Sebabnya Berat Badan Naik selama Puasa

JIBI
Kamis, 2 Mei 2019 - 08:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Puasa Ramadan yang hanya tinggal hitungan hari sering dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Sebab, selama menjalankan ibadah puasa frekuensi makan jadi berkurang.

 Biasanya makan besar tiga hari, yaitu pagi, siang, dan malam, kini hanya dua kali, yaitu saat berbuka dan sahur. Tapi, kenyataannya tak sedikit orang yang justru mengalami penambahan berat badan usai Lebaran. Apa penyebabnya?

Pakar gizi klinis dari layanan kesehatan online Halodoc, Jovita Amelia, mengatakan bahwa kenyataan bahwa berat badan malah naik setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan banyak ditemui.

Menurut dia, ini karena saat berbuka puasa, orang tidak mengontrol makan. Apalagi, makanan yang disuguhkan enak-enak dan ragamnya banyak. Mulai dari takjil yang bisa lebih dari satu jenis, makan malam, dan camilan lain.

“Biasanya makanan buka puasa banyak yang enak. Boleh dimakan, tapi ingat porsinya supaya tidak terjadi obesitas,” kata Jovita kepada wartawan di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Dikatakan, saat berbuka disarankan memakan takjil terlebih dahulu. Takjil biasanya porsinya kecil dan manis. Umumnya, orang Indonesia menghidangkan kolak, gorengan, atau kue-kue yang manis sebagai takjil.

“Kolak boleh, gorengan juga boleh. Tapi satu porsi saja, jangan semua jenis takjil dimakan. Kan puasa ada satu bulan, jadi digilir saja takjilnya,” kata Jovita.

Makan takjil dengan porsi yang tepat, kata Jovita, bisa mencegah orang untuk langsung makan banyak saat berbuka. Makan langsung dalam jumlah banyak, kata Jovita, tidak disarankan karena lambung belum siap.

 “Setelah berbuka makan takjil, kasih jeda sekitar 30 menit sebelum makan malam. Lambung juga butuh waktu untuk tahu bahwa tubuh sudah kemasukan makanan,” kata dia.

Waktu antara berbuka puasa dan makan malam bisa diisi dengan berolahraga. Olahraga baik untuk menjaga kebugaran tubuh, juga menjaga berat badan.

Selain kebiasaan buruk selama berpuasa, penambahan berat badan juga bisa terjadi saat Lebaran. Biasanya hidangan Idulfitri beragam jenisnya dan semuanya lezat. Belum lagi ketika berkunjung ke rumah kerabat yang pasti disuguhi makanan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro