Ilustrasi
Health

Wah, Peneliti Inggris Temukan Kandungan Kokain dalam Udang

Iim Fathimah Timorria
Kamis, 2 Mei 2019 - 11:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kontaminasi zat kimia dari obat-obatan pada sumber daya air tawar tampaknya semakin menjadi perhatian. Dalam sebuah studi baru-baru ini, peneliti asal King’s College London, bekerja sama dengan Universitas Suffolk, menemukan kandungan kokain dalam udang air tawar di wilayah timur Inggris.

Penelitian yang dipublikasikan lewat Environment International itu menyebutkan sampel udang diambil dari lima area penangkapan dan 15 tempat yang tersebar di Suffolk. Hasilnya sangat mengejutkan, semua sampel disebut positif mengandung kokain, beberapa di antaranya bahkan mengandung ketamin.

Salah satu peneliti, Nic Burry, mengungkapkan perlu ada penelitian lanjutan untuk memastikan apakah fenomena ini hanya terjadi di level lokal, nasional, atau bahkan secara ineternasional.

Studi yang dipublikasikan pada 2 Mei 2019 ini dilakukan untuk melihat level kontaminasi dari berbagai polutan mikro di udang air tawar. Selain kokain dan ketamin, zat kimia seperti pestisida dan obat-obatan lain juga ditemukan.

"Konsentrasi dari zat-zat ini rendah, namun senyawa-senyawa ini mungkin menimbulkan risiko bagi satwa liar," ujar penulis utama studi ini, Thomas Miller sebagaiman dikutip The Guardian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Sumber : The Guardian
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro