Pedagang membungkus minuman untuk dijual di Pasar Takjil Benhil, Jakarta, Senin (6/5/2019)./ANTARA-Sigid Kurniawan
Fashion

Si Kecil Mulai Berpuasa? Berikut Tips Aktivitas Bersama Anak Sampai Beduk Maghrib

Oliv Grenisia
Jumat, 10 Mei 2019 - 11:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Anak sudah mulai puasa pada Ramadan kali ini? Berikut ini ada tips mengisi waktu luang bersama anak agar puasa tetap semangat sampai beduk Maghrib tiba.

Sebelum melakukan beberapa kegiatan di bawah ini, yang perlu dipastikan adalah si kecil menjalankan ibadah puasa atas dasar keinginannya sendiri, bukan paksaan dari orang tua. Yuk di simak tips berikut ini.

1.Ajak Anak Masak Bersama

Memasak menu buka puasa bisa menjadi pilihan aktivitas yang menarik dilakukan bersama si kecil. Strategi ini bisa ampuh mengalihkan perhatian anak yang sudah menahan lapar dan dahaga sehari penuh.

Namun, selalu awasi anak agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan mereka, baik ketika proses potong-memotong hingga penyajian masakannya. Kamu juga harus memberi edukasi hal apa saja yang dapat mencelakakan mereka, misalnya berada terlalu dekat dengan kompor.

2.Isi dengan Aktivitas Menyenangkan

Sambil menunggu waktu berbuka, kamu dapat tawarkan kepada Anak aktivitas-aktivitas seru yang tidak terlalu menguras energi, misalnya membaca buku bersama si kecil.

Nanti, kamu bisa meminta si kecil untuk menceritakan isi buku yang dibaca bersama tersebut. Ini akan membantu anak mengembangkan imajinasinya yang bermanfaat juga untuk kecerdasannya.

Selain membaca, kamu juga bisa ajak si kecil untuk membuat kerajinan tangan. Kerajinan bisa dibuat dengan kreasi yang paling sederhana seperti, melipat origami menjadi berbagai bentuk.

Beberapa inspirasi aktivitas menyenangkan bersama anak adalah menggambar. Kamu bisa ajak anak menggambar tokoh kartun kesukaannya.

3.Beri Hadiah

Hadiah untuk anak yang berpuasa bukan berarti membuat si kecil beribadah dengan mengharapkan imbalan. Hadiah itu bisa diberikan untuk menyemangati atas perkembangan yang diraihnya.

Misal, hari pertama masih mengeluh lapar, tetapi hari berikutnya sudah lebih kuat menahan lapar dan dahaga.

Jadi, si anak bisa semangat untuk memberi kemajuan setiap harinya. Namun, ingat, jangan memberikan hadiah yang terlalu berlebihan, terutama dalam bentuk uang.

Nah, itu dia contoh-contoh kegiatan seru agar anak tetap semangat menjalani ibadah puasa sekaligus dapat mempererat hubungan Anda dengan si buah hati. Kira-kira, apakah Anda sudah pernah melakukan hal ini sebelumnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Oliv Grenisia
Editor : Surya Rianto
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro