Alvin Sargent/The Hollywood Reporter
Entertainment

Alvin Sargent, Penulis Skenario Pemenang Oscar, Meninggal Usia 92 Tahun

Syaiful Millah
Minggu, 12 Mei 2019 - 02:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penulis skenario film yang pernah memenangi penghargaan Oscar, Alvin Sargent, meninggal dunia pada usia 92 tahun.

Dilansir The Guardian pada Sabtu (11/5/2019), berita kematian Sargent yang disebabkan karena penyebab alami dari usia dirilis oleh seorang kawannya yang juga seorang produser, Pam Williams. 

Sargent memulai karier sebagai penulis untuk televisi dan mendapatkan kesempatan sebagai penulis film pertamanya dengan Michael Caine Gambit pada 1966.

Hasilnya merupakan karya-karya luar biasa. Hingga Sargent memenango Piala Oscar untuk sebuah drama berjudul Julia (1977) dan film Ordinary People (1980). Dia juga menjadi nominasi pada 1974 untuk karya berjudul Paper Moon.

Karir cemerlangnya berlanjut pada 2000-an di mana dia terlibat dalam penulisan skenario untuk serial film Spiderman yang kedua dan ketiga dengan sutradara Sam Raimi dan tokoh utamanya oleh Tobey Maguire.

Pada 2012, Sargent juga menulis ulang naskah film The Amazing Spiderman yang dibintangi oleh Andrew Garfield. Film lain yang melibatkan penulis asal Amerika tersebut adalah Barbra Streisand (1976) yang merupakan film asli dari A Star is Born dan masih banyak yang lainnya.

Penghormatan atas jasanya banyak tersingkap di media sosial. Penulis Mark Harris mengatakan bahwa Sargent merupakan penulis skenario teladan yang mampu terjun dalam berbagai bidang yang sangat berbeda.

Paper Moon, Ordinary Pepole, dan Spider Man 2. Mereka semua sangat berbeda, tetapi memiliki nada yang sempurna, terstruktur, jenaka, dan layak disaksikanb kembali,” tulisnya.

Tokoh lainnya adalah produser Craig Mazin yang mengatakan bahwa Sargent merupakan santo pelindung dari penulisan skenario yang tidak dapat dikalahkan, “Good night, Sir,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro