air mineral/boldsky.com
Health

Ahli Gizi : Air Mineral Lebih Baik Daripada Air Oksigen dan Air Alkali

Newswire
Selasa, 14 Mei 2019 - 20:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Air mineral biasa dinilai lebih baik dibandingkan dengan air oksigen dan air alkali yang disebut-sebut memiliki manfaat kesehatan.

Hal itu disampaikan ahli gizi sekaligus Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) Dr dr Diana Sunardi M.Gizi, Sp.GK di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

“Air oksigen tidak terbukti memperbaiki status hidrasi lebih cepat dari air biasa. Tingkat kepercayaan tentang manfaatnya tidak terbukti meningkatkan kesehatan fisik,” kata Diana.

Hal serupa juga terjadi pada penelitian terhadap air alkali yang menunjukkan belum terbukti secara kuat memiliki manfaat terhadap kesehatan. “Air alkali hanya memperbaiki status hidrasi saja, sama seperti air biasa,” kata Diana.

Diana menyebut masyarakat cenderung mempercayai komunikasi yang beredar dengan klaim yang berlebihan meski tidak memiliki sumber dan kredibilitas yang jelas.

Survei juga menunjukkan masyarakat Indonesia cukup mengenal produk-produk air beroksigen dan air alkali yang dianggap memiliki berbagai manfaat terhadap kesehatan dan bahkan dapat menyembuhkan penyakit.

Sedangkan untuk air demineral atau air yang tanpa memiliki mineral apa pun dengan melalui proses terlebih dahulu lebih sedikit dikenal di masyarakat.

Air demineral terlebih dulu melalui proses deionisasi atau destilasi sehingga tidak mengandung zat apapun di dalamnya. Mengonsumsi air demineral dalam jangka waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan karena tubuh menjadi kekurangan vitamin B12. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro