Bugar berolahraga/boldsky.com
Health

Hal Sederhana Ini Bikin Tubuh Anda Tetap Sehat

Tika Anggreni Purba
Kamis, 16 Mei 2019 - 11:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menerapkan pola makan dengan menu makanan yang sehat tidak afdal manfaatnya apabila tidak diikuti dengan aktivitas fisik.

Penyerapan nutrisi dari berbagai makanan sehat yang Anda konsumsi membutuhkan bantuan aktivitas fisik agar berjalan dengan lebih baik. Asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan lebih maksimal manfaatnya apabila aktivitas olahraga dilakukan secara rutin.

Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia Asian Games 2018 Grace Joselini mengatakan bahwa berolahraga seharusnya tidak memerlukan upaya yang berat. Olahraga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. “Berolahraga tidak harus dengan alat atau pergi ke tempat khusus,” ujarnya.

Dia menganjurkan untuk menggunakan benda-benda di sekitar untuk melakukan olahraga. Seperti menggunakan meja untuk melakukan table push up atau melatih otot trisep.

Anda juga bisa melakukan wall squat sembari menggunakan ponsel Anda untuk beraktivitas atau bekerja. Gerakan-gerakan sederhana ini bisa dipelajari langsung melalui sumber informasi di internet yang sudah dapat diakses dengan mudah.

“Yang penting kita aktif karena hal itu sebenarnya mudah, dan sehat itu gampang dicapai dengan olahraga,” katanya.

Grace mengatakan bahwa orang yang rutin berolahraga dianjurkan untuk minum susu setelah olahraga. “Para atlet biasanya disarankan minum susu setelah olahraga, terutama setelah olahraga dengan intensitas berat,” katanya.

Menurutnya, susu memenuhi 5 prinsip yang harus didapatkan setelah berolahraga yaitu re-energize, revitalize, rebuild, re-oxygenate, dan rehydrate. Karbohidrat yang terkandung dalam susu sangat cepat menggantikan (reenergize) cadangan glikogen yang terpakai saat berolahraga.

Adapun kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral dalam susu akan merevitalisasi (revitalize) otot.

“Bila kita berolahraga dengan intensitas tinggi tapi kurang asupan protein, otot malah mengecil, sayang sekali,”  kata Grace.

Itulah sebabnya dia menganjurkan untuk mengonsumsi asupan yang mengandung protein akan membentuk kembali (rebuild) tubuh dan otot.  

Asupan zat besi bermanfaat untuk re-oxygenate otot, dan kandungan air dari susu akan membantu hidrasi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro