Ilutsrasi- Tunjangan hari raya (THR)/Antara
Relationship

Tips 5 Cara Agar Bonus THR Tak Lenyap dalam Sekejap

Ria Theresia Situmorang
Jumat, 17 Mei 2019 - 14:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pekan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, terhitung sejak dua pekan sebelum Hari Raya, perusahaan atau lembaga tempat kita bekerja berkewajiban untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Umumnya, karyawan memang menunggu momen ini untuk membelanjakan sesuatu jelang Lebaran yang akan diikuti dengan liburan panjang. Namun, begitu momen ini banyak sekali dimanfaatkan orang untuk berbelanja impulsif, sehingga  uang THR lenyap hanya dengan berbelanja dalam sekejap.

Solusinya, Shopback sebagai salah satu platform cashback rewards memberikan kemudahan belanja online kepada masyarakat untuk berbelanja online dan cermat mengelola THR anda nantinya.

Head of Communications ShopBack Indonesia Vinda Karuna Mudita dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/5/2019), berbagi tips agar THR tak ludes dalam sekejap.

1. Alokasikan dengan bijak

Sebelum menerima dua pemasukkan di antaranya gaji bulanan dan THR pada bulan ini, mulailah membuat alokasi dana yang akan digunakan untuk lebaran. Sebagian persen dari gaji dan THR yang akan Anda dapatkan, alokasikan untuk membeli kebutuhan untuk lebaran, dan sebagiannya lagi gunakan untuk tabungan.

Paling utama agar THR yang Anda terima lebih berkah, jangan lupa dialokasikan untuk berdonasi dan membayar zakat yang sudah ditentukan.

2. Manfaatkan Promo dari Ritel dan e-Commerce

Jika masih memiliki daftar barang yang harus dibeli untuk Lebaran, namun tidak mau mengeluarkan jatah THR yang banyak untuk belanja, anda bisa memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh ritel dan platform e-commerce.

Pasalnya, pada bulan Ramadan, platform e-commerce memanjakan masyarakat di Indonesia dengan beragam promo potongan harga yang menarik. 

Shopback sebagai platform cashback rewards, mempermudah masyarakat untuk mengetahui promo-promo yang sedang berlangsung di platform e-commerce selama Ramadan. Semua informasi promo diskon di platform e-commerce selama Ramadan dapat Anda dapatkan di platform ShopBack.

 Tidak hanya itu, ShopBack juga memberikan cashback hingga 5 kali lipat yang nantinya dapat dicairkan dan ditransfer ke rekening pengguna.

3. Berdonasi dan berzakat

Agar THR Anda berkah, gunakan sebagian dari THR yang Anda dapatkan untuk berdonasi. Saat ini banyak channel yang bisa Anda manfaatkan untuk berdonasi, mulai dari platform offline hingga platform online. Jadi, tidak ada alasan untuk melupakan zakat meski Anda tidak punya waktu dan tenaga untuk mendatangi orang yang kurang mampu.

4. Modifikasi Perlengkapan Lebaran

Lebaran tidak harus menggunakan baju atau barang-barang baru. Anda masih bisa tampil modis dan stylist dengan memanfaatkan baju lebaran tahun lalu.

Agar terlihat beda, Anda bisa memadupadankan dengan aksesoris-aksesoris unik yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Selain baju, Anda juga bisa bisa memodifikasi toples kue dengan menambahkan aksen pita atau pernak-pernik lainnya agar terlihat lebih kekinian. Dengan cara begini Anda lebih berhemat dan THR Anda pun tidak berkurang terlalu banyak.

 5. Investasi

Agar menghindari dari sifat impulsif saat menerima bonus THR serta menjaga agar THR tersebut tetap utuh, cobalah untuk berinvestasi dengan skala kecil. Misalnya dengan melakukan investasi emas atau buka tabungan deposito dari sabahagian bonus THR yang diterima.

Investasi emas, merupakan investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan, karena trendnya harga emas selalu mengalami kenaikan dari masa ke masa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro