Petugas medis memeriksa stok darah di ruang penyimpanan darah PMI, Malang, Jawa Timur, Selasa (14/5/2019)./ANTARA-Ari Bowo Sucipto
Health

Hindari Kematian, Kenali Gejala Talasemia Sedini Mungkin

Ria Theresia Situmorang
Senin, 20 Mei 2019 - 20:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi sebagian orang kelainan darah Talasemia mungkin sudah sering didengar. Namun, sayangnya tak banyak yang mengetahui gejala penyakit ini.

Talasemia merupakan penyakit yang disebabkan berkurangnya atau tidak terbentuknya protein pembentuk hemoglobin utama manusia, sehingga sel darah merah mudah pecah dan menyebabkan pasien menjadi pucat karena kekurangan darah.

Talasemia pada umumnya ditemui di negara yang termasuk dalam thalassemia belt salah satunya di dalamnya Indonesia. Bahkan, data menyebutkan kalau ada sekitar 20 juta penduduk Indonesia yang membawa kelainan gen ini.

Pada 2016, terdapat 9.121 pasien talasemia mayor sehingga bisa dikatakan masih banyak penduduk yang belum teridentifikasi mengidap penyakit ini.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui seseorang menderita talasemia?

Dokter spesialis penyakit dalam T. Djumhana Atmakusumah menyebutkan ada empat cara mengetahui apakah seseorang menderita talasemia.

Pertama, memiliki riwayat keluarga dengan talasemia atau transfusi berulang. Kedua, gejala yang bervariasi, paling sering ditemui adalah pucat atau lemas akibat anemia.

Ketiga berdasarkan jenis nya yaitu talasemia mayor yang umum diketahui sejak lahir. Gejalanya seperti pucat, lemah, lesu, sering sakit dan perut membuncit. Pasien seperti ini biasanya membutuhkan transfusi seumur hidupnya setiap 2-4 kali seminggu. Talasemia intermedia biasanya baru didiagnosis saat anak sudah semakin besar dan membutuhkan transfusi darah rutin, dan talasemia minor/trait/pembawa sifat biasanya tidak bergejala dan tubuh tampak normal namun kadar hemoglobinnya sedikit di bawah normal.

Keempat, melalui pemeriksaan darah, dapat ditemukan kadar hemoglobin yang rendah, kadar MCV dan MCH yang rendah, hasil analisa hemoglobin yang abnormal.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro