Salah satu gedung konser terbaik di kota Wina, yaitu Mozart Saal di Wiener Konzerthaus, yang berkapasitas sekitar 700 orang./Istimewa
Entertainment

Indonesia Gelar Ethnorchestra, Kolaborasi Erwin Gutawa dan Orkestra Ternama Austria

Andhina Wulandari
Selasa, 28 Mei 2019 - 07:43
Bagikan

Bisnis.com, WINA - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wina, Austria, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, akan menyelenggarakan konser musik bertajuk Ethnorchestra: A Melody of Friendship pada 12 Juni 2019 mendatang bertempat di salah satu gedung konser terbaik di kota Wina, yaitu Mozart Saal di Wiener Konzerthaus, yang berkapasitas sekitar 700 orang.

Konser Ethnochestra, sesuai nama dan judul konser, merupakan perpaduan antara orkestra simfoni Austria dengan instrumen serta unsur-unsur musik tradisional Indonesia. Sesuatu yang tentu akan menjadi sebuah tontonan unik dan menarik.

Berbagai lagu mulai dari folklore hingga karya-karya kontemporer dari kedua negara akan dikemas menjadi suatu kesatuan, sekaligus mencerminkan betapa musik memiliki pesan universal serta kekuatan untuk menyatukan.

 Dalam konser tersebut, komponis dan musisi terkemuka Indonesia Erwin Gutawa akan berkolaborasi dengan musisi dan conductor ternama Austria, Johannes Vogel, yang juga merupakan pemimpin Synchron Stage Orchestra Vienna (SSOV).

SSOV merupakan mitra studio rekaman terkemuka di Austria maupun dunia, yaitu Synchron Stage Studio yang sering digunakan untuk memainkan musik sound-track film-film kelas dunia, seperti Pacific Rim Uprising, Sky Hunter, Inferno, dan Blue Planet.

Para musisi yang tergabung ke dalam orkestra SSOV ini merupakan musisi yang juga bagian dari grup simfoni klasik terkenal Austria Vienna Philharmonic Orchestra.

Konser juga akan dimeriahkan dengan sejumlah artis dan musisi terkemuka Indonesia, antara lain  Gita Gutawa, Sandhy Sondoro, Gabriel Harvianto, serta dalang cilik berbakat, Woro Mustiko.

Penyelenggaraan konser ini merupakan salah satu bagian dari program diplomasi budaya Indonesia di Austria yang dimaksudkan untuk memperdalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Austria.

“Partisipasi komponis dan musisi terkemuka Indonesia, Erwin Gutawa dan kawan-kawan dalam konser kolaborasi ini diharapkan dapat membantu mempromosikan seni-budaya Indonesia di panggung internasional, dalam hal ini karya musik Indonesia, dan semakin meningkatkan interaksi antar masyarakat kedua negara yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan hubungan Indonesia dan Austria di berbagai bidang,” ujar Duta Besar RI untuk Austria, Darmansjah Djumala, Senin (27/5/2019).

Kota Wina sebagai pusat musik klasik dunia memberikan peluang besar bagi kehadiran musik kontemporer karya komponis Indonesia di tengah-tengah percaturan musik di Austria.

“ Kolaborasi antara komponis besar Indonesia dengan orkestra simfoni Austria dalam konser ini dapat pula menjadi ajang untuk mendorong penguatan industri kreatif nasional dan mempromosikannya di pasar industri kreatif Austria,” ujar Djumala.

Konser akan dihadiri oleh para undangan yang terdiri dari kalangan pemerintah Austria, para duta besar negara-negara sahabat, pejabat organisasi internasional di kota Wina, kalangan akademisi, seniman, masyarakat Austria pecinta seni-budaya Indonesia, dan masyarakat Austria lainnya dari berbagai kalangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro