11 Bahan Alami Ini Ampuh Redakan Batuk

Sebagian besar obat batuk membuat kita sangat mengantuk dan lemah. Selain itu, mereka hanya bekerja untuk meredakan batuk dan tidak menyelesaikan akar masalah. Itulah sebabnya banyak dari kita menggunakan pengobatan rumahan yang alami.
Jordy Triawan
Jordy Triawan - Bisnis.com 29 Mei 2019  |  15:02 WIB
11 Bahan Alami Ini Ampuh Redakan Batuk
Batuk - fastpaceurgantcare.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika perubahan musim biasanya serangan batuk dan pilek menghampiri. Batuk adalah masalah umum dan banyak produk bebas tersedia untuk mengatasinya.

Namun, sebagian besar obat batuk membuat kita sangat mengantuk dan lemah. Selain itu, mereka hanya bekerja untuk meredakan batuk dan tidak menyelesaikan akar masalah.

Itulah sebabnya banyak dari kita menggunakan pengobatan rumahan yang alami untuk menangani masalah tersebut. Tanpa efek samping, obat alami bekerja untuk mengatasi akar penyebab batuk dan membantu kita menghilangkannya.

Dilansir dari Boldsky, berikut 11 bahan alami yang bisa membantu meredakan batuk. 

Anggur
Bijinya kaya akan antioksidan dan proanthocyanidins yang membantu membersihkan paru-paru dan mengeluarkan lendir. Segelas jus anggur dengan madu adalah obat yang sangat baik untuk meredakan batuk.

Jahe
Jahe mempunyai  anti-inflamasi dan antibakteri ang dapat langsung menyembuhkan batuk. Khasiat jahe yang hangat membantu meredakan tenggorokan yang teriritasi. Satu sendok makan jahe parut segar dapat dicampur dengan madu dan dikonsumsi tiga kali sehari. 

Daun sirih 

Dun sirih membawa rasa hangat di dalam  dada dan membantu menenangkan tenggorokan, serta meredakan batuk. Jika tidak menyukai rasanya, Anda bisa menggiling daun sirih hingga halus dan mengoleskannya pada dada. 

Biji Ajwain/Jintan
Mengunyah beberapa biji ajwain atau bahkan merebus satu sendok teh biji karom dalam air, dan diminum dengan teh tidak hanya akan membantu Anda menghilangkan batuk dengan segera, tetapi juga akan menghilangkan dahak dari saluran udara. 

Daun Tulsi
Dengan sifat antiseptik, tulsi memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan termasuk batuk . Teh yang terbuat dari 2-3 siung daun tulsi, akan memberikan bantuan instan dari batuk dan pilek. Ini juga akan membantu menghilangkan dahak 

Kayu manis
Kayu manis ini kaya akan antioksidan dan memiliki sifat penambah kekebalan tubuh yang akan membantu Anda melawan batuk kronis. Sedikit bubuk kayu manis dicampur dengan satu sendok makan madu dalam air hangat, jika dikonsumsi pertama kali pada pagi hari, diketahui dapat menghilangkan gejala batuk dan dingin.

Kunyit dan teh lada hitam
Baik kunyit dan lada hitam memiliki sifat antibakteri yang kuat, yang berjuang melawan batuk dengan cepat. Kunyit adalah bahan alami yang mengusir lendir dan lada hitam mendorong sirkulasi lendir, sehingga memberi Anda bantuan instan. Minum secangkir teh hangat dengan sedikit kunyit dan lada hitam dapat menjadi obat yang sempurna untuk batuk. 

Teh jahe dan madu
Keduanya membantu mengeluarkan lendir dan menyegarkan tenggorokan yang teriritasi. Teh yang dibuat dengan 3-4 potong jahe harus dicampur dengan satu sendok teh madu dan beberapa tetes lemon. Teh ini menyegarkan dan akan membantu memulihkan batuk jauh lebih mudah.

Almon
Almon memiliki banyak phytochemical dan antioksidan yang mudah dicerna dan memberi Anda bantuan instan dari sakit tenggorokan. Rendam kacang almond semalaman. Kupas pada pagi hari dan giling hingga menjadi pasta. Pasta ini bisa dikonsumsi 2-3 kali sehari untuk menghilangkan batuk.
 
Bawang Bombai
Bawang bombai memiliki banyak vitamin mineral dan antioksidan, serta membentuk obat alami yang sangat baik untuk batuk. Potong bawang dan rendam semalaman dalam air minum. Konsumsilah dua sendok makan air rendamannya, sebanyak 3-4 kali sehari untuk menghilangkan batuk.  

Minyak pepermin 
Minyak pepermin dikenal untuk mengendurkan otot-otot tenggorokan. Selain itu minyak Ini juga membantu mengurangi kemacetan sirkulasi dalam paru-paru dengan menghilangkan dahak. Cukup tambahkan beberapa tetes minyak esensial pepermin ke dalam air panas, lalu uapnya Anda hirup. Cara ini bisa dilakukan pada malam hari untuk hasil yang efektif hingga gejala batuk mereda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
obat batuk

Editor : Fajar Sidik
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top