Peregangan otot/Ilustrasi
Health

Tips Beraktivitas Fisik & Pentingnya Peregangan Otot Saat Berpuasa

Sandi Purnomo
Rabu, 29 Mei 2019 - 16:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Puasa adalah ibadah yang diwajibkan bagi setiap umat muslim. Namun bagi sebagian orang, berpuasa malah jadi alasan untuk membatasi aktivitas fisiknya dibandingkan dengan hari biasa.

Kementerian Kesehatan melalui akun @p2ptmkemenkesRI justru mengibau agar aktivitas fisik bisa dilakukan normal meskipun sedang berpuasa. “Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak beraktivitas fisik."

Bersamaan dengan itu, akun twitter tersebut juga memberikan tips beraktivitas fisik saat berpuasa. Pertama, lakukan aktivitas fisik dengan intensitas ringan, yakni dapat berupa jogging atau berjalan kaki/jalan cepat selama 30 menit.

Kedua, porsi aktivitas fisik hendaknya disesuaikan dengan kondisi dan kemanpuan tubuh saat berpusa. Setelah merasa lelah, hendaknya tidak memaksakan diri dan tidak melanjutkan olahraga.

Bagi pekerja yang kesehariannya melakukan aktivitas dengan duduk di kursi kantor. Ketika ada selang waktu kerja, peregangan harus dilakukan untuk melancarkan peredaran darah.

Duduk selama berjam-jam akan berdampak buruk bagi tubuh manusia. Berikut cara meregangkan tubuh ketika di rehat kantor.

Side swivels, cara pertama ini dilakukan dengan duduk tegak pada posisi kaki di atas lantai. Kemudian, gunakan otot perut untuk memutar badan ke sisi kanan dan sisi kiri.

Cara kedua adalah knee-ups, peregangan ini dilakukan dengan mengangkat kedua lengan, lalu menurunkan lengan sambil mengangkat satu lutut ke atas. Pada posisi tersebut, dibayangkan seolah-olah sedang mematahkan ranting dengan lutut. Cara itu dapat dilakukan bergantian dengan lutut lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sandi Purnomo
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro