Syahrini menjual mukena seharga Rp3,5 juta per potong./Instagram @fatimahsyahrini
Entertainment

Pro-Kontra Pajak Mukena Syahrini Berasa Smartphone Rp1,75 Miliar, Begini Penjelasan Ditjen Pajak

Nancy Junita
Jumat, 31 Mei 2019 - 10:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gara-gara isu pajak mukena Syahrini yang harganya setara dengan smartphone Samsung  Rp3,5 juta per potong, Ditjen Pajak Kementerian Keuangan member penjelasan perihal pajak sebesar 10 persen atau Rp1,75 miliar dari omset sebesar Rp17,5 miliar.

Pajak sebesar Rp1,75 miliar itu dicuitkan akun Twitter Ditjen Pajak pada Rabu (29/5/2019).

Saat itu Ditjen Pajak mengigatkan bahwa omset mukena Syahrini sebesar Rp17,5 miliar dikenakan pajak 10 persen, sehingga pajak yang harus dibayar Rp1,75 miliar.

Cuitan Ditjen Pajak ini ramai diperbincangkan di media sosial dan mendapat reasi positif dan negatif dari warganet. Adapun seorang warganet yang mempersoalkan pajak mukena Syahrini itu antara lain mantan Ketua DPR Marzuki Alie.

“Syahrini bukan produsen dan bukan PKP, artinya saat beli dari produsen sdh dikenakan PPN. Syahrini tidak mungut PPN walaupun mukena adalah objek PPN. Darimana kok tau2 harus bayar PPN,” cuit @marzukialie_MA

Persoalan pengusaha kena pajak (PKP) ini pun akhirnya dijelaskan Ditjen Pajak lewat akun Twitter @DitjenPajakRI pada Kamis (30/5/2019). Dijelaskan bahwa, pengusaha wajib mengukuhkan diri sebagai PKP apabila dalam suatu tahun buku peredaran bruto dan/atau penerimaan brutonya telah melebihi Rp4.800.000.000,00.

 Kemudian, DItjen Pajak juga menjelaskan perihal PPN sbeagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro